AktualPublikasi

Lebih Spesial, Ratusan Jamaah Calon Haji Kloter 46 Diberangkatkan dengan Megah

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf melepas ratusan Jamaah Calon Haji yang tergabung pada Kloter 46 di halaman Gedung Gradhika, Kota Pasuruan, Rabu (22/05/2024). Sebelum diberangkatkan, ratusan jamaah ini, transit didalam Gedhung Kesenian Dharmoyudho Kota Pasuruan. Pada tahun 2024 ini, Kota Pasuruan memberangkatkan jamaah sebanyak 371 orang yang sudah terhitung dengan petugas jamaah. Dari Kota Pasuruan sendiri sebanyak 250 orang.

Gus Ipul mengatakan lancarnya pemberangkatan jamaah haji ini, merupakan hasil kerjasama yang baik dengan Kementrian Agama Kota Pasuruan. Ia juga menyebutkan armada yang digunakan para jamaah calon haji ini terdiri dari armada untuk para lansia dan bukan lansia.

“Kemudian, proses persiapan jamaah sudah dilalui, mulai tes kesehatan, manasik, dan pelatihan fisik sudah dilalui. Dan mudah-mudahan para jamaah ini bisa melalui proses dengan baik,” ujar Gus Ipul

Gus Ipul juga mengatakan, bahwa tahun ini, para jamaah memang diberangkat dengan lebih spesial dan dilaksanakan dengan megah, mereka dikumpulkan di gedhung Kesenian Dharmoyudho terlebih dahulu untuk menikmati penampilan seperti pemutaran vidio, penampilan lagu-lagu religi dan lain sebagainya.

“Memang tujuannya, agar para jamaah lebih terkesan dan dapat membaca pesan dari berbagai vidio yang ditampilkan. Seperti, larangan saat di Masjid Nabawi, menjaga kebersihan. Jadi agar mereka mengingat selain syarat rukun haji tapi juga mengingat pesan-pesan itu dan tidak lupa mendoakan Kota Pasuruan.

Gus ipul juga menceritakan bahwa Kota Madinah menjadi Kota terbersih di dunia. Untuk itu,ia ingin para jamaah nanti saat pulang Kota Pasuruan dapat mencontoh warga Madinah untuk selalu menjaga kebersihan.

“Tadi disana, juga tidak diperbolehkan membuang sampah sembarangan. Untuk itu, Bapak-Ibu bisa terus menjaga kebersihan. Dan semoga kita bersama nanti bisa juga mewujudkan Kota Pasuruan menjadi Kota yang bersih,” ucapnya.

Gus Ipul juga berpesan kepada seluruh jamaah calon haji agar dapat menjaga kesehatan selama di tanah suci. Sehingga jemaah calon haji dapat melaksanakan rukun ibadah dengan sempurna.

“Dan juga jangan lupa menjaga adab, taat dengan aturan dan mengikuti semua proses dengan benar, karena jika kita tidak taat aturan nanti kita akan kena sanksi. Dan sekali lagi saya ucapkan selamat, sukses dan lancar. Dan semoga kembali ke tanah air dengan selamat, sehat dan menjadi haji yang Mabrur ”pungkas Gus Ipul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *