Masih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72 Tahun 2017, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan mengadakan Lomba Mobil Hias pada hari Rabu tanggal 23 Agustus 2017. bertempat di GOR Untung Surapati Kota Pasuruan. Dalam kesempatan tersebut, Walikota Pasuruan memberangkatkan kurang lebih sebanyak 50 peserta Lomba Mobil Hias tingkat SMP/MTs, SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta serta Umum. Tampak hadir Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan serta undangan lain.
Adapun rute yang dilalui yaitu (Start) GOR Untung Surapati (Jalan Sultan Agung Ke arah Barat) – Jalan Dr. Wahidin – Jalan Slagah – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Untung Surapati (Kebonagung) – Jalan Dr. Wahidin (Purutrejo) – (Finish) GOR Untung Surapati (Jalan Sultan Agung).
Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ada di Kota Pasuruan yang telah menyukseskan seluruh kegiatan lomba-lomba. “Semangat proklamasi kita jadikan sebagai titik balik untuk membangun Kota Pasuruan yang lebih baik dan maju”. Di samping itu, Walikota Pasuruan menghimbau kepada seluruh peserta lomba untuk berhati-hati di jalan dan menjaga ketertiban. Dengan diangkatnya bendera oleh Walikota Pasuruan menjadi tanda acara Lomba Mobil Hias dimulai.