Ribuan warga Kota Pasuruan mulai dari orang tua, remaja serta siswa-siswi sekolah memadati di sepanjang jalan Pahlawan depan Kantor Pemerintah Kota Pasuruan, sampai menuju Gelanggang Olahraga (GOR) Untung Suropati Jalan Sultan Agung Kota Pasuruan. Antusias masyarakat untuk melihat dari dekat puncak peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan ke 333 yang diselenggarakan pada hari Jum’at siang tanggal 8 Februari Tahun 2019 ini berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.  Tahun ini, Wakil Walikota Pasuruan beserta Ibu, Ketua DPRD Kota Pasuruan beserta Ibu, Wakil Ketua dan Anggota DPRD beserta Ibu, jajaran Forkopimda beserta Ibu, Kepala OPD beserta Ibu, Camat/Lurah beserta Ibu menaiki andong dan menaiki becak yang dihias dengan hiasan bunga/kembang dari Kantor Pemerintah Kota Pasuruan menuju GOR Untung Suropati Kota Pasuruan. Naik andong dan naik becak tersebut dimaksudkan agar semua pejabat di Kota Pasuruan lebih dekat dan lebih guyup dengan masyarakatnya.

Sejumlah kegiatan pembuka seperti atraksi drum band dari Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya dan  sebanyak 333 peserta tari terbang bandung dari pelajar SD dan SMP Se-Kota Pasuruan,  Terbang Al Banjari, pencak silat turut juga memeriahkan Puncak Kegiatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke 333. Iring-iringan andong dan konvoi becak  pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan juga mendapatkan apresiasi dari masyarakat Kota Pasuruan.

Acara kali ini dihadiri juga sebanyak  48 kepala daerah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia terlihat datang untuk memeriahkan dan berpartisipasi dalam rangka Hari Jadi Kota Pasuruan.

Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST beserta Ibu  dengan ramah melambaikan tangan kepada masyarakat yang menyapa disepanjang jalan Pahlawan menuju GOR Untung Suropati Kota Pasuruan  yang menjadi lokasi puncak prosesi Hari Jadi Kota Pasuruanke 333 Tahun 2019.

Dengan mengenakan busana adat, para pejabat lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan kemudian mengikuti prosesi Hari Jadi Kota Pasuruan dengan khidmat. Mulai dari prosesi pembacaan sinopsis dan pataka  Kota Pasuruan. Adapun tema Hari Jadi Kota Pasuruan ke 333 Tahun 2019 yaitu bersama membangun Kota Pasuruan yang lebih maju dan sejahtera.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST  menyampaikan pada hari ini 8 Februari 2019, memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan yang ke 333 dengan seluruh lapisan masyarakat dengan salah satu kegiatannya adalah KIrab Pataka. Kirab Pataka dimaksudkan menjadi potret untuk mengenang perjuangan dari Adipati Untung Suropati dalam mempertahankan Kota Pasuruan melawan penjajahan kompeni Belanda. Pataka adalah merupakan surat perintah yang dijadikan tonggak sejarah berdirinya Kota Pasuruan, dengan adanya kirab pataka ini maka masyarakat dapat melihat dan mengetahui tentang sejarah berdirinya Kota Pasuruan.

Lebih lanjut dikatakan, dengan momentum Hari Jadi Ke 333 Tahun 2019 ini diharapkan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat dan para pelaku usaha kepariwisataan yang ada di Kota Pasuruan, sehingga kedepan akan membangun animo yang positif dan menggerakkan wisatawan hadir di Kota Pasuruan serta dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan bagi masyarakat Kota Pasuruan.

Seusai pelaksanaan Prosesi Hari Jadi Kota Pasuruan ke 333 Tahun 2019 dilanjutkan dengan pelepasan burung ke udara oleh Wakil Walikota Pasuruan didampingi Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah serta jajaran Forkopimda. Perlu diketahui Pemerintah Kota Pasuruan menyediakan sejumlah rombong makanan dan minuman untuk makan bersama bagi masyarakat secara gratis.