Lomba Senam Irama Gembira bagi Siswa-Siswi PAUD Tingkat Kota Pasuruan dalam Rangka Hari Jadi Kota Pasuruan ke-333 Tahun 2019, dilaksanakan di Halaman  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Selasa Tanggal 19 Februari 2019. Lomba tersebut secara resmi di buka oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dihadiri Asisten Pemerintahan Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah
di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Se – Kota Pasuruan, Ibu Ketua Forum PAUD Kota Pasuruan, Ibu Ketua GOPTKI Kota
Pasuruan, Sekretaris dan Kepala Bidang Dinas Pendidikan Kebudayaan Kota Pasuruan, Bapak/Ibu Pengawas dan Penilik Dinas Pendidikan Kota
Pasuruan, Ketua Forum Anak Kota Pasuruan, Kepala TK / Bunda PAUD Se-Kota Pasuruan serta Bapak/Ibu Undangan dan anak-anak.

  “ Tujuan  lomba senam irama gembira adalah untuk menumbuhkan sikap anak usia dini melalui musik, anak mampu melakukan gerakan bergembira dan mampu mengekpresikan emosi mereka serta meningkatkan kemampuan berbahasa dan kecakapan berkomunikasi sesama teman. Peserta Lomba Senam Irama Gembira dari Siswa – siswi TK / PAUD Se-Kota Pasuruan berjumlah 1200 peserta dari 235 lembaga. Mekanisme pelaksanaan yakni tahap seleksi dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada hari Jumat dan Sabtu ada tanggal 15 dan 16 Pebruari 2019 serta tahap penentuan juara dilaksanakan pada hari selasa tanggal 19 Februari 2019 dengan hasil 3 lembaga untuk Juara I , II,dan III serta 3 lembaga untuk Juara Harapan I,II dan III “. Ujar Plt. Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan Ibu Ir. Siti Zuniati, MM.

Sambutan dan arahan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM menyampaikan kegiatan semacam ini mampu memotivasi anak untuk kreatif, menumbuh kembangkan rasa kebersamaan sekaligus sebagai ajang memacu dan mengukur potensi siswa yang dikembangkan oleh pendidik PAUD di masing-masing lembaganya, selain itu juga bertujuan untuk menumbuhkan sikap anak usia dini peka dalam mendengarkan musik, melakukan gerakan dengan bergembira, mengekpresikan emosi anak, meningkatkan kemampuan berbahasa dengan kecakapan berkomunikasi sesama teman dan juga merupakan salah satu pemberian rangsangan  motorik kepada anak-anak.

 

Lebih lanjut dikatakan, masa Pendidikan Anak Usia Dini adalah merupakan kesempatan emas untuk mengembangkan seluruh potensinya dengan mempertajam keterampilan akademik, sosial dan kognitf  sehingga harus dipacu ke arah yang lebih baik dan maksimal. Untuk itu kegiatan Senam  Irama Gembira semacam ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin di semua lembaga PAUD. Tantangan kedepan lebih berat sehingga anak usia dini harus membentengi dengan pendidikan agama agar bisa mandiri.

Ucapan terimakasih kepada para pendidik PAUD serta orang tua yang telah memberikan kepercayaan dan dukungannya kepada lembaga-lembaga PAUD di Kota Pasuruan sehingga mampu mengantarkan siswa-siswinya dapat mengekspresikan dan menampilkan hasil seperti yang dapat kita lihat sekarang ini.

Kita sadar bahwa anak-anak PAUD ini merupakan investasi bangsa sebagai  generasi penerus yang akan datang, oleh karena itu marilah kita jaga dan bentuk anak – anak kita untuk menjadikan anak berkualitas dengan memberikan materi materi yang berkualitas dan dengan diimbangi tenaga pendidik atau guru professional serta berkualitas sehingga akan menghasilkan generasi  penerus yang diharapkan  lebih baik dan berkualitas.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemberian hadiah bagi pemenang lomba Senam Irama Gembira yakni juara 1 diraih TK. Wijaya Kusuma I dengan nilai 1354, juara 2 diraih TK. Al-Kautsar dengan nilai 1270, Juara 3 diraih TK. Pancasila dengan nilai 1231. Juara harapan 1 diraih TK. Pertiwi 6 dengan nilai 1221, juara harapan 2 diraih TK Dharmarini 8 dengan nilai 1211 dan juara harapan 3 diraih TK. Penyuluh Budi dengan nilai 1208.