Aktual

PEMANTAPAN KETAHANAN KELUARGA BERBASIS KELOMPOK TRI BINA KOTA PASURUAN

Inspiring City Pasuruan. Program Keluarga Berencana sangat erat hubungannya dalam pengendalian pertumbuhan penduduk guna mewujudkan keluarga kecil, bahagia, sehat dan sejahtera. Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) lembaga Pemerintah sangat proaktif dalam meningkatkan kemampuan pengasuhan orangtua/keluarga untuk meningkatkan kualitas balita dan anak hal ini dilakukan sebagai upaya mempersiapkan keluarga menjadi “Orang Tua Hebat”. Sebagai implementasi program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), dengan mengembangkan program Bina Keluarga Balita (BKB).
Dari narasi tersebut diatas, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan menyelenggarakan kegiatan Pemantapan Ketahanan Keluarga Berbasis Kelompok Tribina Kota Pasuruan selama 2 (dua) hari mulai hari Kamis sampai dengan hari Jum’at tanggal 14 November sampai dengan tanggal 15 Novermber di Hotel Transit Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Plt. Walikota Pasuruan di hadiri Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, Camat Se-Kota Pasuruan, Ibu Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta Ketua Pokja II, Kelompok BKB (Bina Keluarga Balita) Se-Kota Pasuruan, PKB Kota Pasuruan serta undangan lain.
Menurut Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan, Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan Ibu Ir. Sugiarti, M.Si mengatakan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap orangtua serta anggota keluarga lainnya dalam membina tumbuh kembang secara menyeluruh dan terpadu guna mencapai tumbuh kembang yang optimal. Sasaran BKB secara langsung adalah orangtua yang memiliki balita dan secara tidak langsung juga anggota keluarga lainnya, tokoh agama, organisasi profesi dan LSM. Undangan Kegiatan Pemantapan Ketahanan Keluarga Berbasis TRI BINA sebanyak 100 undangan terdiri dari Kecamatan Purworejo 23 BKB beserta PKB pendamping, Kecamatan Gadingrejo 13 BKB beserta PKB pendamping, Kecamatan Bugul Kidul 11 BKB beserta PKB pendamping dan Kecamatan Panggungrejo 29 BKB beserta PKB pendamping.
Sambutan dan arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan ketahanan keluarga tidak lepas dari TRI BINA diantaranya bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia yang mana diharapkan dari pembinaan ketahanan keluarga dapat mewujudkan penduduk yang berkualitas dan dapat menciptakan kondisi keluarga yang tangguh yang memiliki keuletan dan ketangguhan serta mengandung kemampuan fisik dan mental guna hidup mandiri yang dapat mengembangkan diri dan keluarga untuk hidup harmonis dalam meningkatkan kesejahteraan, kebahagiaan lahir dan batin.
Dalam kesempatan ini Plt. Walikota Pasuruan menyampaikan terima kasih atas partisipasi masyarakat Kota Pasuruan karena mau dan mampu melibatkan diri untuk bergabung serta ikut membentuk kelompok binaan yang bermanfaat bagi masyarakat sebagai tempat kegiatan serta sebagai upaya yang dilakukan dalam pembangunan ketahanan dan kesejahteraan keluarga yang pada akhirnya adalah untuk mewujudkan keluarga di Kota Pasuruan menjadi keluarga kecil bahagia sejahtera. Oleh karena itu, diharapkan dukungan dan bantuan dari seluruh peserta yang merupakan kader penggerak di lini lapangan. Kader TRI BINA diharapkan dapat berkiprah sesuai dengan tujuan bidang masing-masing dan mendapat dukungan seluruh komponen baik masyarakat, maupun pemerintah. Melalui kegiatan pemantapan ketahanan keluarga berbasis TRI BINA ini para kader dapat saling berkoordinasi tentang peningkatan pengetahuan wawasan dan perencanaan kegiatan positif bagi para kader di Kelurahan. Semoga kegiatan pemantapan ketahanan keluarga berbasis TRI BINA Tingkat Kota Pasuruan tahun 2019 bisa berjalan lancar, kondusif dan mendapatkan hasil yang diharapkan.