Ditengah besarnya fungsi dan peran Pemerintah untuk sektor perikanan dan dengan visi Indonesia menjadi negara penghasil sumber daya perikanan dan produk perikanan terbesar, ditambah keberadaan sumber daya kelautan dan perikanan yang hampir tidak terbatas, sebagian besar masyarakat yang hidup di kawasan kelautan masih belum bisa menikmati manfaatnya. Selain faktor kelengkapan sarana dan prasarana, hal ini dikarenakan terbatasnya distribusi informasi, lemahnya perangkat informasi yang bisa mencapai kawasan-kawasan pelosok negeri serta kurangnya pemahaman masyarakat akan manfaat mengkonsumsi ikan sejak dini.

Oleh karena itu Dinas Perikanan melakukan promosi Gerakan Memasyarakatkan Ikan (GEMARIKAN) pada kegiatan pemberdayaan dan Gelar Promosi Usaha Pengolahan dan Pemasaran Perikanan Tangkap melalui Pemilihan Duta Gemarikan Kota Pasuruan Tahun 2019. Pengumuman pemenang dan penyerahan piala dan hadiah dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 19 Februari 2019 di Dinas Perikanan Kota Pasuruan serta di hadiri Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, peserta serta undangan lain.

Sebelumnya dilaksanakan sosialisasi kegiatan pemilihan duta Gemarikan pada tanggal 22 Januari 2019, pemasukan dokumen peserta dan seleksi administrasi pada tanggal 23 januari sampai dengan tanggal 7 Februai 2019, pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi dan sekaligus undangan pembekalan pada tanggal 8 Februari 2019, pembekalan bagi yang lolos seleksi pada tanggal 12 Februari 2019 serta tes interview pada tanggal 13 Februari 2019. Kesemuanya itu dilaksanakan di Dinas Perikanan Kota pasuruan.

“ Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan program peningkatan konsumsi ikan Kota Pasuruan, memberdayakan peran pemuda yang berprestasi,berwawasan dan memiliki kepedulian tinggi terhadap sektor perikanan, mendorong generasi untuk berkompetisi secara sehat serta mengembangkan kemampuan menulis tentang kegiatan promosi produk kelautan dan perikanan. Peserta 28 orang putra-putri dari SMA/SMK dan universitas Se-Kota Pasuruan. Kriteria penilaian meliputi administrasi, essay tentang pentingnya “Promosi Gemar Makan Ikan”, pengetahuan umum tentang kelautan dan perikanan serta kemampuan berkomunikasi (Public Speaking). “ Ujar Sekretaris Dinas Perikanan Kota Pasuruan Bapak Iskandar, MSP, MMA.

Sambutan Wakil Walikota Pasuruan di bacakan Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Edy Ana Setyowidodo, MM mengatakan Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) adalah gerakan nasional dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan dengan melibatkan seluruh komponen bangsa (Instansi Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah/Provinsi/Kabupaten//Kota, swasta, LSM, asosiasi, lembaga profesional, lembaga/organisasi kemasyarakatan, lembaga keagamaan, PKK serta pelaku usaha)

Lebih lanjut dikatakan, dalam ajang tahunan ini, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perikanan Kota Pasuruan telah menyeleksi remaja putra-putri terbaik Kota Pasuruan yang berprestasi, berwawasan dan memiliki kepedulian tinggi dalam peningkatan konsumsi ikan sebagai salah satu kegiatan yang mendukung Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, dan diharapkan dapat merepresentasikan agenda serta program-program Pemerintah tentang upaya peningkatan konsumsi Ikan Kota Pasuruan.

Perlu diketahui, adapun pemenang Duta GEMARIKAN Kota Pasuruan 2019 yaitu :

Juara I Putra Bimantara Fauzan Kusuma (UNEJ)
Juara I Putri Shania Indira Putri (SMAN 1 Pasuruan) / Forum Anak Kota Pasuruan
Juara II Putra Sahrul Romadhoni (SMA Shalahudin)
Juara II Putri Rizqi Putri Al Madinah (SMAN 2 Pasuruan)
Juara III Putra Achmad Nadif (SMA PGRI I Pasuruan)
Juara III Putri Adinda Ratulia Suwarno ( SMAN 1 Pasuruan)