Acara pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan diikuti oleh Wakil Ketua, para Hakim, para pejabat struktural,  para pejabat fungsional dan para staf dilaksanakan pada hari Selasa sore Tanggal 19 Februari 2019 di Ruang Sidang Cakra.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan penerapan zona integritas di lingkungan Pengadilan Negeri Pasuruan merupakan salah satu formula yang tepat untuk dapat mewujudkan badan peradilan yang agung sesuai dengan  visi dan misi dari Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pasuruan  mengucapkan selamat atas pencanangan  pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) di lingkungan Pengadilan Negeri Pasuruan semoga dengan momen ini Pengadilan Negeri Pasuruan menjadi lebih berintegritas tinggi dalam melaksanakan visi dan misi pengadilan serta dapat berperan dalam pelaksanaan pencegahan korupsi, menjalankan reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Pasuruan. sehingga diharapkan dapat melakukan perbaikan secara nyata di masa mendatang sebagai sebuah landasan yang kokoh, untuk mewujudkan  penegakan hukum yang berkeadilan dan berhati nurani sesuai harapan masyarakat di Kota Pasuruan.

  “Membangun zona integritas menuju wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi  bersih dan melayani adalah kerja berat oleh karenanya semua pihak mulai dari pimpinan sampai bawahan harus punya komitmen yang kuat, punya mindset, pola pikir dan budaya kerja  yang sama sehingga keberhasilan membangun zona integritas ini dapat dicapai. Ada 2 (dua) sasaran yang ingin dicapai dalam zona integritas ini yaitu terwujudnya Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN serta terwujudnya peningkatan kualitas pelayanan publik”. Ujar Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan Ibu Dameria Frisella Simanjutak, SH, M.Hum.

Seusai sambutan diteruskan dengan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas oleh Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan diikuti oleh Wakil Walikota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kepala Kejaksaan Negeri Pasuruan, Kepala Kepolisian Resort Pasuruan Kota, Komandan Kodim 0819 Pasuruan, Ketua Pengadilan Agama Pasuruan, Komandan Polisi Militer Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Pasuruan serta para pemuka agama dari forum komunikasi umat beragama Kota Pasuruan.