Penyelenggaraan pekan panutan pajak  bumi dan bangunan  perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) menunjukkan  keseriusan dalam pengelolaan pajak daerah dan untuk meningkatkan kesadaran  para wajib untuk memenuhi kewajibannya yang merupakan  salah satu kunci sukses berhasilnya  sistem akrual  dalam pengelolaan lapongan keuangan. Dengan pertimbangan tersebut, Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan pekan panutan pelunasan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan Tahun 2019, sebagai sarana meningkatkan kesadaran dalam membayar pajak  daerah (khususnya PBB-P2) melalui pemberian contoh dan teladan para pejabat eksekutif dan legislatif dalam membayar pajak daerah sebelum jatuh tempo.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan menyelenggarakan Pekan Panutan Pelunasan Pajak Bumi Dan Bangunan Perdesaan Dan Perkotaan (PBB-P2) pada hari Kamis tanggal 28 Februari 2019 di Hotel Horison Jalan Ahmad Yani Nomor 45-47 Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Asisten 1 Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat dihadiri Ketua DPRD,  Kepala OPD Se-Kota Pasuruan, kepala kantor pelayanan pajak pratama Pasuruan, pimpinan bank jatim cabang Pasuruan, Camat dan Lurah Se-Kota Pasuruan serta undangan lain.                                                                                                                                                                                                                                                                         “Maksud dari penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kita, serta memberikan contoh dan tauladan kepada masyarakat  dalam membayar pajak daerah, khusus pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan diharapkan kesadarannya untuk membayar pajaknya sebelum tempo. Sedangkan tujuannya adalah tercapainya target penerimaan pajak daerah tahun 2019”. Ujar Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. Agung Budi Utomo, MM.

Sambutan Wakil Walikota Pasuruan dibacakan oleh  Asisten 1 Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat Bapak Agus Rachmanto, SE  mengajak kepada semua yang hadir dalam kegiatan tersebut untuk mau berbuat lebih baik dengan membayar pajak lebih awal tanpa menunggu saat jatuh tempo tanggal 31 Agustus 2019. Segeralah lunasi kewajiban pajak anda untuk menjaga kesinambungan pembangunan di Kota Pasuruan yang kita cintai ini. Juga diharapkan PBB-P2 dalam proses pelaksanaan serta penerimaan bisa lebih baik dibanding sebelumnya, sehingga pendapatan asli daerah kitapun akan meningkat dari waktu ke waktu.

Dalam kesempatan ini pula,  Wakil Walikota Pasuruan memberikan apresiasi kepada kecamatan dan kelurahan yang berprestasi dan wajib pajak terpilih yang membayar PBB-P2 tahun 2018 sebelum pelaksanaan jatuh tempo. Semoga hal tersebut dapat menjadi contoh bagi kecamatan dan kelurahan yang lain untuk bisa lebih berprestasi dalam pemungutan PBB-P2 di tahun 2019 ini.

Seusai sambutan diteruskan dengan pemberian penghargaan bagi kecamatan dan kelurahan berdasarkan tingkat perolehan pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan tahun anggaran 2018.