Pasuruan Inspiring City, Mulai hari Senin (01/03/2021) ASN di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan melaksanakan vaksinasi dosis pertama. Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di berbagai fasilitas kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dr. Shierly Marlena menjelaskan bahwa kegiatan vaksinasi saat ini merupakan rangkaian dari vaksinasi tahap kedua yang dimulai pada tanggal 25 Februari 2021 dengan sasaran petugas pelayanan publik. Hari ini menjadigiliran ASN dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan yang menerima vaksin.

“Vaksinasi ini terbagi menjadi 10 titik Faskes Kesehatan seperti Rumah Sakit, Puskesmas dan KKP.Untuk ASN yang berada diSekretariat Daerah, Kepala OPD, Perkim, Dishub dan Inspektorat saya pusatkan di Gedung Untung Suropati ini”, jelas Shierly.

Shierlymenambahkan bahwa pada tahap kedua vaksinasi di Kota Pasuruan, mendapatkan jatah 12.500 dosis vaksin periode pertama. Itu untuk petugas pelayanan publik seperti halnya PNS, Polisi, TNI, DPRD serta ASN.

Ia juga menjelaskan bahwa proses vaksinasi tahap kedua ini akan berlangsung sampai minggu kedua bulan Maret 2021.Setelah itu, akan dilanjutkan proses vaksinasi untuk dosis kedua.

Seperti yang terpantau, beberapa ASN pagi ini sudah terlihat berdatangan di Puskesmas. Salah satunya, terlihat di Faskes Puskesmas Kandangsapi.ASN mulai pagi sudah mengantri untuk divaksin oleh petugas medis. ASN yang datang diperiksa terlebih dahulu kesesuaian identitasnya dengan database yang dimiliki Puskesmas. Termasuk memvalidasi nomor telepon genggam yang bisa menerima layanan Short Message Service(SMS).

Kemudian, mereka akan dilakukan deteksi awal untuk mengetahui riwayat kesehatan, tekanan darah, serta suhu tubuh. Setelah dinyatakan sehat, ASN diberikan suntikan vaksin di lengan kiri sebelah atas. Prosedur terakhir, mereka akan diberikan surat kesehatan bahwa sudah menerima vaksin dan informasi jadwal untuk vaksin tahap kedua.

Secara otomatis, ASN yang telah divaksin akan menerima SMS dari operator yang memberitahukan jadwal vaksin berikutnya dan mendapatkan tautan link website. Tautan tersebut berisi Sertifikat Vaksinasi Covid-19 dan bisa diunduh oleh masing-masing ASN. (fit)