Aktual

1.160 Vaksin Tiba di Kota Pasuruan, Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas Pertama

Inspiring City Pasuruan,Sebanyak 1.160 dosis vaksin Sinovac telah tiba di Kota Pasuruan pada Senin Malam (25/01/2020).Ribuan vaksin ini akan diperuntukkan untuktenaga kesehatan dan 10 pejabat publik. Vaksin yang diterima ini merupakan tahap pertama dari yang diajukan. Pemerintah Kota Pasuruan menyiapkan tempat penyimpanan di Upt. Perbekalan dan Kefarmasian yang berada di Jalan Juanda sebelah selatan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan

Jubir satgas Penanganan Covid-19 Kota Pasuruan, Kokoh Arie Hidayat menjelaskan bahwa untuk tahap pertama pengiriman vaksinberjumlah 1.160 vaksin dimana vaksin tersebut akan di distribusikan ke titik-titik vaksinasi di Kota Pasuruan.

“Vaksinasi akan dilaksanakan di 39 pos yang ada di Kota Pasuruan. Sasaran vaksinasi pada tahap pertama dilakukan kepada tenaga kesehatan dan 10 pejabat publik esensial di Kota Pasuruan seperti Wali Kota Pasuruan, Ketua DPRD, Kapolres, Dandim, Tokoh Agama dan pejabat publik esensial lainnya. Rencananya, pemberian vaksin dilaksanakan pada hari Kamis (28/01/2021),“ Terang Kokoh

Tenaga kesehatan diberikan prioritas pertama vaksin Sinovac karena beberapa pertimbangan. Prioritas untuk tenaga kesehatan dilakukan karena mereka berada di garda terdepan penanganan Covid-19.

Pemberian vaksin diharapkan dapat mencegah tenaga kesehatan tertular Covid-19. Karena, resiko terpapar virus ini sangat tinggiketika menangani warga yang terkonfirmasi Covid-19. Dengan diberikan vaksin, tenaga kesehatan terhindar dari Covid-19 dan bisa memberikan pelayanan kesehatan kepada warga.

Sementara itu, pemberian vaksin diberikan kepada pejabat publik dimaksudkan untuk menumbuhkan kepercayaan kepada seluruh masyarakat bahwa vaksin yang diberikan sifatnya aman dan telah teruji klinis oleh Pemerintah. Sehingga diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir dengan pemberian vaksin ini.

Pemberian vaksin ini merupakan salah satu ikhtiar Pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Meski demikian, setelah pemberian vaksin dilakukan, seluruh masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.Tetap memakai masker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. (fit)