Latar belakang diselenggarakan kegiatan pameran hewan kesayangan adalah untuk mengajak dan menumbuhkan masyarakat untuk menyayangi dan menjaga mahkluk hidup ciptaan Tuhan, memberikan alternatif ekonomi kreatif dengan budidaya hewan kesayangan serta melestarikan hewan kesayangan.

Oleh karena itu dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-333 Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan pada hari Sabtu sampai hari Minggu tanggal 02 sampai dengan tanggal 03 Maret 2019 menyelenggarakan kegiatan pameran hewan kesayangan di GOR Untung Suropati Kota Pasuruan.  Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pasuruan di hadiri Kepala OPD terkait, Kepala Persatuan Dokter Cabang Jawa Timur, peserta pameran serta undangan lain.

“ Maksud diselenggarakan pameran hewan kesayangan adalah untuk meningkatkan minat budidaya hewan kesayangan serta memberikan edukasi masyarakat tentang budidaya  hewan kesayangan. Adapun tujuannya yakni terwujudnya komunitas hewan yang profesional sehingga dapat membudidayakan hewan kesayangan dengan baik serta dapat membuka peluang

usaha baru seperti pet shop dan penangkaran satwa. Jumlah peserta sebanyak 50 orang terdiri dari komunitas jack jungle Kota Pasuruan, komunitas reptil, kom

unitas burung, komunitas kucing, komunitas sugar glader, komunitas ikan serta komunitas hewan kesayangan yang lain. “Ujar Kepala Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kota Pasuruan Bapak Drs. Edy Ana Setyowidodo, MM.

Sambutan Wakil Walikota Pasuruan dibacakan oleh Asisten Administrasi Umum Dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pasuruan Bapak Agus Rachmanto, SE mengatakan dengan kegiatan ini dapat menjadi salah satu pendukung Kota Pasuruan di bidang pariwisata serta semakin mempererat ikatan persaudaraan dan kebersamaan antar komunitas hewan kesayangan di Kota Pasuruan dan sekitarnya.

  Diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan perhatian masyarakat untuk peduli terhadap konservasi hayati melalui minat dan hobi pada hewan kesayangan yang masuk dalam kategori dilindungi. Serta diharapkan juga di Kota Pasuruan untuk didirikan Puskesmas hewan dari berbagai jenis dan lokasinya dikenal serta mudah di jangkau oleh masyarakat.

Seusai sambutan diteruskan dengan pelepasan burung merpati, pengguntingan pita serta peninjauan stand pameran hewan kesayangan.