Sebanyak 30 orang yang terdiri dari jabatan fungsional tertentu dari perwakilan masing-masing UPT Puskesmas di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dengan rincian dokter gigi 4 orang, dokter umum 2 orang, bidan 5 orang, perawat 11 orang, perawat gigi 2 orang, pranata labotarorium 5 orang dan pengelola lingungan 1 orang mengikuti pelatihan pencegahan dan pengendalian infeksi yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan selama 8 (delapan) hari mulai tanggal 22 April sampai dengan 30 April 2019 di pusat sumber belajar bersama (PSBB) MAN 2 Malang. Pelatihan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Inspektur, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), Plt. Kepala Dinas, Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset, Kepala Bidang Pengembangan kompetensi fungsional dan pengembangan SDM Provinsi Jawa Timur, narasumber serta peserta pelatihan.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mokhamad Faqih, M.Si mengatakan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tenaga pelayanan kesehatan tentang upaya pencegahan dan pengendalian infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, sehingga melindungi sumber daya manusia, kesehatan pasien dan masyarakat dari infeksi terkait pelayanan kesehatan. Peserta pelatihan selain menerima materi dan praktek juga melakukan observasi lapangan di Pemerintah Kota Yogjakarta selama 3 (tiga) hari.

Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST berpesan kepada peserta pelatihan agar mengikuti rangkaian kegiatan dan kurikulum yang telah terprogram di dalam pelatihan ini dengan sebaik-baiknya. Manfaatkanlah waktu yang sangat singkat ini untuk menyerap dan memahami sebanyak-banyaknya ilmu dan ketrampilan yang akan diberikan oleh para narasumber serta dukunglah kelancaran berlangsungnya proses pelatihan tersebut dengan baik.

Sebelum sambutan terlebih dahulu dilakukan pembacaan pakta integritas oleh perwakilan peserta dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis oleh Wakil Walikota Pasuruan serta  penandatanganan pakta integritas.