Kebijaksanaan Pemerintah Kota Pasuruan dalam mengatasi tingkat pengangguran, yang sedang tidak bekerja, kehilangan pekerjaan sementara, diberhentikan sementara atau PHK dan pekerja musiman yang belum bekerja sampai saat ini, untuk bisa membantu perekonomian atau pendapatan masyarakat sementara.

Maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan penciptaan lapangan kerja yang dikenal dengan padat karya. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada 4 (empat) Kelurahan yaitu Kelurahan Sekargadung, Kelurahan Tembokrejo, Kelurahan Bakalan serta Kelurahan Blandongan. Pencanangan kegiatan padat karya dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 30 April 2019 di lapangan Sekargadung Kelurahan Sekargadung.  Kegiatan padat karya secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota  Pasuruan dihadiri oleh Jajaran Forkopimda, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat, Lurah Sekargadung, Lurah Tembokrejo, Lurah Bakalan, Lurah Blandongan, para pekerja serta undangan lain.

Menurut  Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Pasuruan Bapak H. Mahbub Effendi, SE, MM mengatakan tujuan kegiatan padat karya adalah pendayagunaan tenaga kerja penganggur dan setengah penganggur serta memberikan kesempatan kerja untuk membantu meningkatkan pendapatan keluarga yang sifatnya sementara sehingga masyarakat dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Sasaran dari kegiatan ini adalah 264 (dua ratus enam puluh empat) pekerja di 4 (empat) Kelurahan Kota Pasuruan dan di setiap Kelurahan terdiri dari 66 orang. Jenis kegiatan normalisasi/pengerukan saluran air, jam kerja pukul 07.00 Wib sampai dengan 11.30 Wib. Selama 30 (tiga puluh) hari, dalam seminggu bekerja selama 7 (tujuh) hari dengan upah ketua kelompok Rp. 60.000,- (enam puluh ribu)  per hari dan upah anggota kelompok  sebesar Rp. 50.000,- (lima puluh ribu rupiah)  per hari.

Sambutan dan arahan Wakil Walikota Pasuruan dibacakan Sekretaris Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Bahrul Ulum, MM  mengharapkan dengan kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya, karena dengan adanya kegiatan ini  dapat membersihkan saluran air, dimana air dapat berjalan dengan lancar sehingga terhindar dari banjir  serta mengurangi timbulnya penyakit demam berdarah dengan pengerukan atau normalisasi saluran-saluran tersier sekitar perumahan atau pemukiman. Dihimbau juga kepada masyarakat agar ikut menjaga kebersihan saluran air, sungai dengan jangan membuang sampah ke sungai  atau selokan agar dapat terpelihara dengan baik.

Sebelum sambutan dan arahan, didahului dengan penyerahan alat kerja secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kota Pasuruan kepada perwakilan pekerja.