Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Bapak H. Abdul Kadir, SH, MH melantik 4 (empat) orang yaitu Bapak Setyanto Hermawan, SH, M,Hum sebagai Ketua Pengadilan Negeri Jember, Ibu Marice Dillak, SH, M.H sebagai Ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Bapak I Wayan Sukradana, SH, MH sebagai Ketua Pengadilan Negeri Lumajang dan Bapak Dr. Mohammad Amrullah, SH, MH sebagai Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan. Pengambilan sumpah, pelantikan  dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri berdasarkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 1155/DJU/SK/KP.04.5/4/2019 tanggal 2 April 2019 tentang promosi dan mutasi Ketua dan Wakil Ketua Pengadilan Negeri di Lingkungan Peradilan Umum. Pelantikan tersebut dilaksanakan pada hari Senin tanggal 17 Juni 2019 di Aula Pengadilan Tinggi Surabaya Jalan Sumatera Nomor 42 Surabaya.

Dalam kesempatan ini hadir  Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST, Ketua DPRD Kota Pasuruan Kepala Kepolisian Resort Pasuruan Kota, Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, Bupati Jember beserta Forkopimda, Bupati Tulungagung beserta Forkopimda, Bupati Lumajang beserta Forkopimda, para Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Surabaya, Para Hakim Ad Hoc Tipikor Pengadilan Tinggi Surabaya, para Ketua Pengadilan Negeri Se-Ex Karisedenan Besuki/Kediri/Malang, Ketua Majelis, Keluarga Besar Pengadilan Tinggi Surabaya serta undangan lain.

Sambutan Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya Bapak H. Abdul Kadir, SH, MH mengatakan pengambilan sumpah ini merupakan hal penting ikrar dalam melaksanakan tugas bagi Ketua Pengadilan Negeri dalam mengemban amanah, dan sebagai salah satu wujud untuk dapat bekerja dengan maksimal. Karena sumpah tersebut pada hakekatnya merupakan suatu bukti kesanggupan untuk menaati segala aturan yang berlaku, yang tidak hanya disaksikan oleh kita semua tetapi juga disaksikan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Diharapkan kepada Ketua Pengadilan Negeri yang baru dilantik tidak akan melakukan korupsi, kolusi dan nepotisme serta akan  selalu menjaga citra dan wibawa Pengadilan melalui pelaksanaan tata kerja yang jujur, transparan dan akuntabel sesuai dengan apa yang telah digariskan oleh atasan kita serta selalu berpedoman pada kode etik dan pedoman perilaku hakim. Hal ini berarti setiap  Ketua Pengadilan Negeri diminta kesungguhan dan komitmennya untuk memiliki integritas, semangat kerja serta dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pimpinan di Pengadilan yang dipimpinnya, karena sebagai seorang pimpinan dia harus dapat menjadi contoh serta panutan bagi seluruh anggotanya. Marilah kita meningkatkan kinerja dan integritas kita

sehingga visi Mahkamah Agung  untuk mewujudkan Badan Peradilan Indonesia yang agung dapat terwujud. Selamat kepada Ketua Pengadilan Negeri yang lama semoga sukses di tempat kerja yang baru.

Seusai rangkaian acara pengambilan sumpah, pelantikan  dan serah terima jabatan Ketua Pengadilan Negeri, dilanjutkan dengan ucapan selamat dari Ketua Pengadilan Tinggi Surabaya, Ketua Majelis beserta undangan yang lain dilanjutkan dengan foto bersama.

Perlu diketahui, Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan yang lama Ibu Dameria Frisella Simanjutak SH, M. Hum sekarang menduduki jabatan baru sebagai Hakim di Pengadilan Negeri Sidoarjo. Sedangkan Ketua Pengadilan Negeri Pasuruan yang baru Bapak Dr. Mohammad Amrullah, SH, MH sebelumnya menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Pelaihari.