Aktual

Meriahnya Pembukaan Pasar Rakyat 2019

Dalam rangka memperingati Hari Koperasi Ke 72 Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM) Kota Pasuruan pada hari Kamis sampai dengan hari Sabtu tanggal 12 September sampai dengan tanggal 14 September 2019 bertempat di Halaman GOR Untung Suropati Kota Pasuruan, menyelenggarakan Pasar Rakyat. Pasar Rakyat tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Walikota Pasuruan di hadiri oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda, Asisten, Kepala OPD beserta Ibu, Ibu Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan beserta jajarannya, Ketua Dharma Wanita Kota Pasuruan, Perwakilan OPD Kabupaten Pasuruan, Pimpinan Bank Jatim dan BPR Kota Pasuruan, Para penggerak dan insan koperasi, peserta pameran serta undangan lain.

          Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Pasuruan Ibu Siti Amini, SH, MM mengatakan maksud dan tujuan diselenggarakan pasar rakyat ini adalah sebagai momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada koperasi dan UMKM di Jawa Timur umumnya dan Kota Pasuruan khususnya, memberikan ruang bagi generasi muda untuk menuangkan ide, gagasan, kreatifitas dan inovasi khususnya di bidang sosial, ekonomi dan budaya dengan tujuan agar tercipta kader muda koperasi yang aktif, kreatif, inovatif dan kompetitif serta berdaya saing di era millennial menuju fenomena revolusi industri, memperkenalkan produk-produk koperasi dan UMKM kepada masyarakat umum, memperkuat kedaulatan pasar dalam negeri melalui usaha koperasi dan UMKM, meningkatkan kualitas dalam perbaikan mutu, kinerja dan citra produk koperasi dan UMKM, menciptakan ajang promosi dan publikasi bagi produk unggulan baik batik, handicraft, aksesoris, kulit, makan/minuman, mebel dan lainnya, meningkatkan ekonomi nasional melalui usaha koperasi dan UMKM serta memberikan sarana rekreasi dan hiburan kepada masyarakat.

Adapun sasarannya yaitu terwujudnya penguatan ekonomi nasional melalui usaha koperasi dan usaha mikro serta terwujudnya daya saing usaha UMKM dan koperasi dalam upaya-upaya mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Pasuruan. Pasar rakyat diikuti oleh 50 peserta yaitu dari UMKM Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jawa Timur, BUMN/BUMD, swasta dan UMKM Kota Pasuruan yang di fasilitasi dengan 33 stand pameran dan 30 tenda kerucut. 

          Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST berharap agar pembinaan terhadap koperasi dan usaha mikro semakin di tingkatkan baik dalam hal pelatihan maupun kegiatan-kegiatan lain untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi pengurus koperasi dan pelaku usaha mikro. Dengan digelarnya gebyar pasar rakyat Tahun 2019 ini semoga di jadikan sebagai momentum kebangkitan ekonomi kerakyatan yang berbasis pada koperasi dan UMKM di Jawa Timur umumnya dan Kota Pasuruan khususnya.

Dalam kesempatan ini, Wakil Walikota Pasuruan mengucapkan selamat kepada SMK Negeri Kota Pasuruan atas partisipasinya mengikuti lomba cipta lagu jingle koperasi yang memperoleh juara V tingkat Provinsi dan KSPPS “Mitra Az Zahra” yang memperoleh juara III pada lomba uji kompetensi bagi koperasi wanita tingkat Provinsi.

Seusai sambutan diteruskan dengan pelepasan balon ke udara oleh Wakil Walikota Pasuruan bersama Ketua DPRD Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda, Ibu Plt. Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan dan Ketua Dharma Wanita Kota Pasuruan di lanjutkan dengan foto bersama dan peninjauan ke stand-stand pameran.

          Perlu di ketahui pasar rakyat ini, diisi dengan kegiatan lomba-lomba dan semarak hiburan rakyat antara lain festival band umum, musik akustik serta dimeriahkan oleh artis Ibu Kota Sony Jozz, semua itu merupakan sarana hiburan rakyat sekaligus sebagai ajang kreatifitas kawula muda, yang dimaksudkan untuk mendorong tumbuh kembangnya ekonomi kreatif di Kota Pasuruan.