Jatim Kominfo Festival (JKF) merupakan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Ke X Jawa Timur yang digelar di Kabupaten Magetan, tepatnya di GOR Ki Mageti Kabupaten Magetan, pada hari Selasa malam tanggal 1 Oktober 2019. Adapun tema Pekan KIM Ke X Tahun 2019 yaitu “ Semangat Nawa Bhakti Satya Untuk Jawa Timur Maju Sejahtera  ”.  KIM hadir dan disesuaikan dengan kebutuhan diera saat ini, yaitu terwujudnya Pemerintahan yang lebih demokratis dan lebih baik. Dengan perkembangan teknologi yang demikian pesat, KIM diharapkan dapat memperkuat perannya dalam melaksanakan diseminasi informasi pada masyarakat sekitar.

Jatim Kominfo Festival yang digelar di GOR Ki Mageti berlangsung mulai hari Selasa sampai dengan hari Jum’at tanggal 1 Oktober sampai dengan tanggal 4 Oktober 2019, yang diikuti 38 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur.  Adapun rangkaian kegiatan dalam Jatim Kominfo Festival yakni  pada hari Rabu tanggal 2 Oktober 2019 yaitu diisi dengan  kegiatan Kopilaborasi JKF 2019, rapat koordinasi evaluasi kajian statistik sektoral, flash vlogging workshop bagi pegiat media sosial, lomba kreasi masakan, festival media pertura Jawa Timur, sarasehan dan apresiasi seni, Ndoro Bei JTV show. Pada hari Kamis tanggal 3 Oktober 2019 rangkaian kegiatannya antara lain Senen dan Flash Mob, outbond pegiat media sosial, bimbingan teknis jaringan, rapat koordinasi evaluasi kajian statistik sektoral, forum komunitas pegiat TIK, festival media pertura Jawa Timur, dan Marke Show JTV. Sedangkan pada hari Jumat tanggal 4 Oktober 2019, rangkaian kegiatannya antara lain lomba mewarnai PAUD/TK, forum komunitas penggiat TIK, dan ceremony penutupan JKF 2019. Kegiatan tersebut  dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Dr. H. Emil Elestianto Dardak M.Sc. dengan dilakukannya pemukulan lesung yang didampingi oleh Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi  Jawa Timur, Walikota Madiun serta Bupati Magetan.

Dalam sambutannya Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Dr. H. Emil Elestianto Dardak M.Sc. berharap agar Jatim Kominfo Festival terus memperkuat perannya sebagai media yang menyediakan informasi yang valid supaya menjadi rujukan masyarakat dalam menyebarluaskan informasi yang benar. Semoga dengan Jatim Kominfo Festival ini Magetan bisa menjadi tempat wisata skala nasional, serta dengan Jatim Kominfo Festival seluruh Kabupaten yang ada di Jawa Timur bisa terus memperkuat perannya di tengah masyarakat karena banyak tantangan di depan kita.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Bapak Danu Ardhiarso, S.STP mengatakan arus informasi membuat masyarakat dengan cepat dan mudah untuk mengakses informasi apapun, untuk itu peran aktif KIM sangat diharapkan guna memberdayakan potensi masyarakat baik ekonomi, sosial budaya dan pendidikan. Sehingga masyarakat bisa memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan.

Setelah melakukan Pembukaan Festival dilanjutkan dengan pemotongan pita bersama serta dilanjutkan mendatangi stand Kabupaten / Kota yang mengikuti Jatim Kominfo Festival tersebut.

Perlu di ketahui, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Pasuruan juga ikut berpartisipasi yang mengikutsertakan KIM “Wartadaya“ Kelurahan Pekuncen Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan.  Dalam Pekan KIM Ke X Tahun 2019 ini, KIM “Wartadaya” menampilkan produk-produk unggulan Kota Pasuruan yang bertemakan produk tanaman kelor. Disamping itu juga membawa produk-produk antara lain batik khas Kota Pasuruan, sepatu bordir, makanan bipang jangkar, roti matahari,  kripik kelor, stick kelor, cake daun kelor, tepung daun kelor, teh daun kelor, bibit kelor, bibit pepaya kuning dan jamu Kebonagung. Banyak pengunjung yang antusias ke Stand Pemerintah Kota Pasuruan karena ingin mengetahui produk-produk dan manfaat tanaman kelor.

Dalam kesempatan itu, Wakil Gubernur Jawa Timur Bapak Dr. H. Emil Elestianto Dardak M.Sc. mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Plt.Kepala Dinas Komunikasi, Informatika Dan Statistik Kota Pasuruan Bapak Drs. Sugeng Winarto, MM yang telah ikut berpartisipasi dan mensukseskan  kegiatan Pekan KIM tersebut.