Aktual

Kegiatan Bimbingan Teknis Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja Dan Evaluasi Jabatan Di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan

Hasil analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan pada masing-masing perangkat daerah perlu dilakukan pembaharuan mengingat telah dilakukan perubahan pada struktur kelembagaan perangkat daerah serta perubahan pada jabatan pelaksana sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 41 tahun 2018 tentang Nomenklatur Jabatan Pelaksana Bagi Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Instansi Pemerintah. Hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja harus segera ditetapkan dan divalidasi oleh Pemerintah Provinsi sebagai persyaratan permohonan rekomendasi pemberian tambahan penghasilan pegawai kepada Kementerian Dalam Negeri sesuai dengan Peraturan Pemerintah tentang Pengelolaan Keuangan Daerah. Bahwa pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah perlu ditingkatkan pengetahuannya tentang analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan agar hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan pada hari Rabu sampai dengan hari Kamis tanggal 9 Oktober sampai dengan tanggal 10 Oktober  2019 menyelenggarakan kegiatan bimbingan teknis  analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan bertempat di Valencia Resto & Cafe Jalan Hayam Wuruk Kota Pasuruan. Kegiatan  tersebut dibuka secara resmi oleh Plt. Walikota Pasuruan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat, Lurah, Narasumber dan peserta.

Menurut Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Pasuruan Bapak Kokoh Arie Hidayat SE, Sos, MM mengatakan tujuan penyelenggaraan kegiatan ini adalah memberikan pembinaan terhadap pengelola kepegawaian pada perangkat daerah tentang penyusunan analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan. Mensosialisasikan model pemberian tambahan penghasilan sesuai dengan ketentuan yang akan diterbitkan oleh Kementerian Dalam Negeri dan mengetahui kesiapan perangkat daerah terhadap penyelesaian hasil analisis jabatan dan analisis beban kerja pada masing-masing perangkat daerah. Narasumber yakni Plt. Walikota Pasuruan, Kepala Bagian Kelembagaan Dan Analisis Jabatan Biro Organisasi Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri beserta Kasubbag, Kantor Regional II BKN Surabaya di Sidoarjo dan Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Kegiatan ini diikuti oleh 125 orang peserta terdiri dari  83 peserta yang merupakan pengelola kepegawaian di masing-masing perangkat daerah, UPT serta Kelurahan. Kepala Perangkat Daerah, Camat dan Lurah. Metode pelaksanaan ceramah, diskusi dan tanya jawab.

Sambutan dan arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan dengan bimbingan teknis ini diharapkan para analis mandiri perangkat daerah dapat membuat laporan hasil analisa jabatan dan analisa beban kerja masing-masing sesuai sistematika pelaporan dengan menyertakan rekomendasi penataan keorganisasian baik dari aspek kelembagaan, ketatalaksanaan, kediklatan maupun kepegawaiannya. Disamping itu pula, yang juga harus segera dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Pasuruan adalah penyusunan standar kompetensi jabatan bagi jabatan pimpinan tinggi, administrator, pengawas dan pelaksana yang nantinya juga akan melibatkan tenaga analis dari seluruh perangkat daerah, dimana proses pengangkatan dan pemindahan dalam jabatan harus sesuai dengan kompetensinya walaupun yang terpenting dari semua itu adalah pertimbangan kebutuhan organisasi.

Lebih lanjut dikatakan, standar kompetensi jabatan ini disusun juga harus bersesuaian dengan hasil analisis jabatan menyangkut persyaratan jabatannya. Jadi, bimbingan teknis ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi penyelesaian permasalahan jabatan, beban kerja pada masing-masing perangkat daerah serta klasifikasi jabatan sebagaimana tertuang dalam ketentuan manajemen pegawai negeri sipil.  Ucapan terima kasih kepada Bagian Organisasi dan narasumber, semoga materi yang disampaikan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan kepada kita semua.