Kegiatan fasilitasi dan pembinaan kelembagaan partai politik ini dimaksudkan agar masyarakat mampu memahami situasi sosial politik yang ada di Kota Pasuruan, ini lebih diarahkan pada proses demokratisasi serta berani bersikap kritis terhadap situasi kondisi yang ada, mengajarkan mereka mampu mengembangkan semua bakat dan kemampuaanya dalam aspek kognitif, wawasan kritis, sikap politik dan keterampilan, politik, disamping itu kegiatan ini dimaksudkan pula agar dapat membentuk kepribadian, kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Dari narasi diatas, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan melaksanakan kegiatan fasilitasi dan pembinaan kelembagaan partai politik selama 3 (tiga) hari mulai hari Rabu sampai dengan hari Jum’at tanggal 16 Oktober sampai dengan tanggal 18 Oktober 2019 di Hotel Pelangi Jalan Merdeka Barat Nomor 3 Malang. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Plt. Walikota Pasuruan di hadiri Plt. Asisten I Bidang Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat, Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Narasumber, peserta kegiatan serta undangan lain.

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Mas Djoko Baroto, M.Si mengatakan maksud diselenggarakan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan hubungan kelembagaan sosial politik di Kota Pasuruan. Dan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta yang dihadiri oleh seluruh fungsionaris partai politik yang ada di wilayah Kota Pasuruan. Peserta 64 orang yang berasal dari fungsionaris partai politik yang ada di wilayah Kota Pasuruan. Narasumber Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Timur, Kejaksaan Negeri Kota Pasuruan dan Ketua Bawaslu Kota Pasuruan.

Sambutan  dan  arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan fasilitasi dan pembinaan kelembagaan partai politik sesungguhnya dapat dikatakan sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat masyarakat menjadi lebih memahami politik, masyarakat yang sadar akan hak kewajiban dan tanggung jawabnya sehingga dapat ikut berpartisipasi aktif dalam setiap proses pembangunan juga diperlukan keberadaannya terutama untuk mendidik generasi muda, dengan harapan nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki kemampuan untuk memahami situasi sosial politik yang penuh dengan dinamika, aktifitas yang dilakukan diarahkan pada proses demokratisasi serta berani bersikap kritis dalam proses pengambilan keputusan dalam setiap perubahan yang diharapkan, oleh karena itu diharapkan kepada segenap masyarakat Kota Pasuruan, agar dalam implementasi kebijakan pembangunan yang ada di Kota Pasuruan jangan segan – segan untuk mengkritisi dan atau memberikan sumbangsi pemikiran demi terwujudnya cita-cita pembangunan yang sangat diharapkan untuk mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kota Pasuruan. Dan juga sebentar lagi sudah memasuki masa kampanye, dalam pemilu kepala daerah yang waktunya pada 23 september 2020 marilah kita bersama sama untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaannya sesuai dengan tahapan pelaksanaan.

Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Pasuruan mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat Kota Pasuruan untuk mensukseskan pelaksanaan pembangunan yang telah di canangkan di Kota Pasuruan, karena bagaimanapun juga proses pembangunan tidak dapat tercapai sebagaimana yang di harapkan tanpa peran aktif masyarakat. Semoga kegiatan ini akan berdampak positif pada proses pembangunan Kota Pasuruan.