Pada hari Senin tanggal 28 Oktober 2019 bertempat di Taman Sekargadung Kota Pasuruan diselenggarakan kegiatan Gebyar Tentara Manunggal KB-Kesehatan dan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK-KKBPK-Kesehatan Kota Pasuruan Tahun 2019. Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan, Kodim 0819 Pasuruan, Tim Penggerak PKK Kota Pasuruan dan Dinas Kesehatan Kota Pasuruan. Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Plt. Walikota Pasuruan dan dihadiri

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Kasdim 0819 Pasuruan beserta Ibu Persit Candra Kirana dan Babinsa Se-Kota Pasuruan, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Asisten III, Kepala OPD, Camat dan Lurah Kota Pasuruan, Plt. Ketua TP PKK Kota dan Pengurus TP PKK Kota/Kecamatan/Kelurahan Se-Kota Pasuruan serta Kader KB Kota Pasuruan dan undangan lain.

“ Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat, jaringan sosial budaya maupun institusi masyarakat perkotaan dalam mewujudkan kegiatan yang berkualitas, meningkatkan cakupan dan capaian program KB dan kesehatan di semua bidang, melembagakan dan membudayakan keluarga kecil dan bahagia sejahtera dalam konteks pembangunan dan intensifikasi peran gerakan PKK dalam program KB Nasional dan pembangunan  kesehatan yang dilaksanakan secara terpadu.“ Ujar Kepala  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Keluarga Berencana Kota Pasuruan Ibu Ir. Sugiarti, M.Si.

“Program Bhakti TNI KB Kesehatan Kodim 0819 bertujuan untuk memelihara kesinambungan kerjasama dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai basis ketahanan nasional. Terwujudnya kesehatan masyarakat yang dicapai melalui kegiatan ini sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh komponen masyarakat yang bersinergi dengan TNI dan Dinas Kesehatan serta BKKBN, “Kata Kasdim 0819 Bapak Mayor CZI Sulton.

Sambutan dan arahan Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno   Prasetyo, ST mengatakan pelaksanaan kegiatan TMKK adalah kegiatan terpadu antara BKKBN, Pemerintah Kota Pasuruan bekerjasama dengan TNI untuk mensukseskan program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga yang berkualitas dengan melalui Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan. Dalam mewujudkan keterpaduan pelaksanaan program KB kesehatan masyarakat dengan melaksanakan pelayanan dan meningkatkan upaya penggerakan pada masyarakat, maka perlu dilakukan kegiatan berupa penyuluhan, konseling, pendampingan calon akseptor KB serta meningkatkan jumlah capaian kesertaan KB baru, KB aktif, ketahanan keluarga dan berbagai upaya pengendalian penduduk khususnya di Kota Pasuruan.

Lebih lanjut dikatakan, kerjasama dalam TMKK ini juga sebagai upaya untuk penguat dan percepatan pencapaian sasaran program KKBPK serta percepatan pencapaian Kontrak Kinerja Pencapaian (KKP) Kota Pasuruan tentang pencapaian peserta KB baru dan KB aktif tahun 2019 serta peningkatan indeks pembangunan manusia.

Adapun rangkaian kegiatan yaitu pelayanan KB terdiri dari IUD 29 Akseptor, Implant 80 Akseptor dan Papsmear 40 Akseptor dan donor darah 72 pendonor (peserta dari Kodim dan kader KB).