AktualPublikasi

Wakil Walikota Pasuruan Ikut Deklarasikan Jejaring Panca Mandala di Jawa Timur

Pasuruan Kota Madinah Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S.TP., M.Si (Mas Adi) ikut deklarasikan Jejaring Panca Mandala (JPM) dan Penandatangan Nota Kesepakatan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia di Gedung Grahadi Surabaya, Kamis (28/07/2022).

Kegiatan deklarasi ini diikutioleh Kepala Daerah se Jawa Timur dan dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (Khofifah).

Dalam sambutanya Khofifah mengatakan bahwa deklarasi dan MOU ini merupakan bagian penguatan komitmen bersama.

“Deklarasi ini adalah mandat yang berat, namun jika bersinergi akan bertemu dengan solusi yang memudahkan program pembangunan. Kita berada di Bumi Majapahit, dari bumi inilah Bhineka Tunggal Ika Dharma Mangrua diperkenalkan dari Bumi Jawa Timur inilah, kata Nusantara pertama kalinya diperkenalkan,” ucapnya.

Khofifah juga menyampaikan terimkasih karena provinsi Jawa Timur dipilih menjadi provinsi pertama Deklarasi JPM

“Mohon JPM komunikasi kembali dengan forum PAUD dan guru TK. Saya sebenarnya sudah petakan dan intervensi namun belum masif,” ujarnya

Selain dilaksanakan deklarasi JPM juga dilaksanakan penandatangan nota kesepakatan oleh Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota serta Bupati se-Jawa Timur termasuk Kota Pasuruan. Nota kesepakatan ini dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Deputi Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP, Ir. Prakoso mengatakan bahwa hari ini semua anggota JPM mewakili 38 Kab/Kota di Jawa Timur melakukan deklarasi. Pembinaan ideolog pancasila sekarang sudah bergeser dari semula hanya mengandalkan peran pemerintah, namun saat ini memberikan ruang yang besar untuk partsipasi masyarakat.

“Hari ini semua anggota JPM mewakili 38 Kab/Kota di Jawa Timur melakukan deklarasi gotong royong membumikan Pancasila di Bumi Majapahit Provinsi Jawa Timur, serta pembacaan RKTL di depan Gubernur Jawa Timur dan Wali Kota serta Bupati se-Jawa Timur, “pungkasnya.