Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 91 Tahun 2019, Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perindutrian Dan Perdagangan Kota Pasuruan menyelenggarakan Pekan Raya Pembangunan  selama 6 (enam) hari mulai hari Jum’at sampai dengan hari Rabu tanggal 25 Oktober sampai dengan tanggal 30 Oktober 2019, bertempat di Halaman GOR Untung Suropati Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Plt. Walikota Pasuruan dengan ditandai dengan pemukulan gong. Tampak hadir Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda Kota Pasuruan, Asisten, Kepala OPD, Ibu Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Ibu Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Pasuruan, Rektor Universitas Merdeka Pasuruan, Camat, pegiat IKM dan UKM serta undangan lainnya.

“ Tujuan  diselenggarakan pekan raya pembangunan tahun 2019 adalah memberikan sarana promosi pembangunan Kota Pasuruan dan promosi di bidang usaha perdagangan, perindustrian/kerajinan rakyat serta usaha di bidang kepariwisataan, dapat menjadi wahana hiburan bagi masyarakat dan sarana menumbuhkan semangat sumpah pemuda bagi pemuda pemudi yang ada di Kota Pasuruan dalam memajukan Kota Pasuruan sebagai Kota industry dan perdagangan. Kegiatan ini diikuti oleh UKM/IKM binaan Dinas Perindustrian Dan Pedagangan Kota Pasuruan, perwakilan binaan  dari beberapa dinas dan beberapa pihak swasta dan beberapa komunitas ekonomi kreatif. Ada 30 booth yang disediakan secara gratis/cuma-cuma.” Ujar Kepala  Dinas Perindutrian Dan Perdagangan Kota  Pasuruan Bapak  H. Mualif Arif, S.Sos, MM.

  Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan kegiatan ini bisa menciptakan lapangan pekerjaan, membuka investasi dan menumbuhkan inovasi serta kreatifitas masyarakat. Pekan Raya Pembangunan Pasuruan   juga menjadi ajang promosi bdari produk-produk kerajinan dan ekonomi kreatif dari usaha mikro, usaha kecil dan usaha menengah. Dengan kegiatan ini diharapkan juga dapat  memberikan dampak positif kepada semua lapisan masyarakat baik dari sisi pelaku usaha yang dapat berimbas pada tingkat perekonomian mereka maupun masyarakat pada umumnya.

Perlu diketahui, dalam memeriahkan dan menyemarakkan Pekan Raya Pembangunan Pasuruan, Dinas Perindutrian Dan Perdagangan Kota  Pasuruan menghadirkan grup band papan yang terkenal dari Jakarta yakni God Bless dan masih banyak lagi artis dan grup band.