Aktual

PENYERAHAN KEGIATAN PROGRAM NUSP-2 TAHUN ANGGARAN 2018 DAN SOSIALISASI PENCEGAHAN DAN PENANGANAN KAWASAN KUMUH TAHUN ANGGARAN 2019

Inspiring City Pasuruan. Dalam upaya peningkatan kualitas kawasan/lingkungan permukiman kumuh serta untuk mencapai target 100-0-100 Tahun 2020 di Kota Pasuruan, program NUSP-2 merupakan salah satu program yang menetapkan strategi dan pendekatan yang sesuai dengan arah kebijakan dan strategi penanganan permukiman kumuh nasional. Pasuruan memiliki kawasan/lingkungan permukiman kumuh seluas 80,87 hektar di 11 Kelurahan sesuai dengan Surat Keputusan Walikota Pasuruan Nomor 188/349/423.011/2017 tanggal 26 Mei Tahun 2017, Tentang Penetapan kawasan kumuh Kota Pasuruan.
Dana program NUSP-2 yang terserap di Kota Pasuruan selama 4 (empat) tahun (2015-2018) sebesar Rp. 23.547.631.630,- pada 11 Kelurahan yaitu Kelurahan Trajeng, Kelurahan Ngemplakrejo, Kelurahan Tambaan, Kelurahan Mayangan, Kelurahan Mandaranrejo, Kelurahan Panggungrejo, Kelurahan Bugul Lor, Kelurahan Kandangsapi, Kelurahan Bangilan, Kelurahan Kebonsari dan Kelurahan Gadingrejo baik untuk skala lingkungan ataupun skala kawasan dengan unsur swadaya masyarakat.
Selain program NUSP-2 sebelumnya juga didukung oleh program USAID IWINS (Bank Dunia) yang menitikberatkan pada sekolah lapang sejak tahun 2014 sampai dengan 2016 serta dilanjutkan oleh program KOTAKU (Tahun 2015 sampai sekarang) karena permasalahan kumuh memang harus terus menerus kita lakukan dalam rangka pencegahan kumuh baru.
Berdasarkan uraian tersebut diatas, maka Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan mengadakan acara Penyerahan Kegiatan Program NUSP-2 Tahun Anggaran 2018 Dan Sosialisasi Pencegahan Dan Penanganan Kawasan Kumuh Tahun Anggaran 2019 pada hari Jum’at tanggal 15 November 2019 di Jalan Imam Bonjol RW 07 Pade’an Kelurahan Bugul Lor Kota Pasuruan. Kegiatan tersebut di buka secara resmi oleh Plt. Walikota Pasuruan dihadiri Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Plt Asisten II Perekonomian Dan Pembangunan, Kepala Dinas OPD Terkait, Camat Se-Kota Pasuruan, 11 Lurah Kota Pasuruan, CC dan CA NUSP-2, BKM dan KPP dari 11 Kelurahan peserta Penyerahan Kegiatan Program NUSP-2 Tahun Anggaran 2018 Dan Sosialisasi Kawasan Kumuh Tahun Anggaran 2019 serta undangan lain.
Menurut Kepala Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Ibu Dyah Ermitasari, ST, MT mengatakan diadakannya acara Penyerahan Kegiatan Program NUSP-2 Tahun Anggaran 2018 Dan Sosialisasi Kawasan Kumuh Tahun Anggaran 2019 dengan maksud dan tujuan memastikan adanya keberlanjutan dan pengembangan KPP yang sudah terbentuk di 11 Kelurahan dan bekerjasama dengan OPD lain untuk dapat bersinergi dalam penanganan permukiman kumuh guna memberikan pembelajaran yang berkelanjutan tentang pemanfaatan dan pemeliharaan infrastruktur terbangun yang berkelanjutan dan berwawasan linkungan. Peserta sebanyak 81 orang yakni Kepala OPD terkait, Direktur PDAM Kota Pasuruan, Camat Kota Pasuruan, Lurah 11 Kelurahan, BKM dan KPP 11 Kelurahan, CC dan CA NUSP-2, Forum Kota Sehat dan warga RW 07.
Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan program NUSP-2 di Kota Pasuruan sudah dilaksanakan selama 4 tahun yaitu dari tahun 2015 hingga 2018. sudah banyak infrastruktur yang terbangun dari program tersebut dan tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat. saya percaya, masyarakat akan selalu memelihara semua infrastruktur yang sudah dibangun tersebut hingga sampai ke anak cucu kita. Program NUSP-2 sudah banyak membantu Pemerintah Kota Pasuruan dalam hal penanganan kekumuhan di Kota Pasuruan. akan tetapi dari program NUSP-2 tersebut tentunya tidak dapat menuntaskan 100% kekumuhan yang ada di Kota Pasuruan. Untuk itu diperlukan langkah dan strategi keberlanjutan dari semua OPD terkait guna menuntaskan kumuh di Kota Pasuruan.
Lebih lanjut dikatakan, dari apa yang sudah di hasilkan oleh program NUSP-2 selama 4 tahun kemarin, diharapkan hal tersebut dapat dijadikan contoh prioritas pembangunan di masing-masing Kelurahan utamanya di sektor sanitasi. Sanitasi masih menjadi masalah terbesar di Kota Pasuruan terbukti hingga saat ini masih 18 kelurahan yang sudah mendapatkan predikat ODF
Dalam kesempatan Ini, Plt. Walikota Pasuruan menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang sudah ikut serta mensukseskan pelaksanaan NUSP-2 selama 4 tahun dan terima kasih juga kepada masyarakat, dimana infrastruktur yang sudah dibangun tersebut masih bermanfaat dan terawat dengan baik.