Aktual

Plt. WALIKOTA PASURUAN MENERIMA PENGHARGAAN SWASTI SABA WISTARA TAHUN 2019

Inspiring City Pasuruan. Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Bapak Tito Karnavian dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Bapak Terawan Agus Putranto menganugerahkan sebanyak 88 Kategori Swasti Saba Wistara kepada 88 Kabupaten/Kota di Indonesia, termasuk Kota Pasuruan. Pemerintah dan masyarakat Kota Pasuruan harus berbangga memperoleh penghargaan level Wistara pada penyelenggaraan Kabupaten Sehat atau dikenal dengan Swasti Saba yang dinilai setiap 2 (dua) tahun oleh Pemerintah Pusat. Level Wistara adalah level tertinggi dalam kategori Swasti Saba setelah Wiwerda dan Padapa.
Pemerintah Kota Pasuruan menerima Penghargaan Swasti Saba Tingkat Wistara di berikan oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dan Menteri Kesehatan Republik Indonesia kepada Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di Ruang Rapat Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Jalan Medan Merdeka Utara Nomor 7 Jakarta Pusat. Penghargaan tersebut diberikan pada hari Selasa tanggal 19 November 2019.
Dalam kesempatan tersebut Plt. Walikota Pasuruan di dampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan Bapak Drs. H. Djoko Adri Srijono, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kebersihan Dan Pertamanan Kota Pasuruan Bapak Rudiyanto, AP, MM, Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan Ibu dr. Shierly Marlena, Kepala Protokol Dan Komunikasi Pimpinan Kota Pasuruan Bapak Alyasa Akbar, S.STP dan Ketua Forum Komunikasi Kota Sehat Kota Pasuruan Ibu Dr. Dies Nurhayati.
Menurut Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST mengatakan Kota Pasuruan meraih anugerah Swasti Saba kategori Wistara sebagai predikat Kota Sehat dan ini untuk pertama kalinya di peroleh yang merupakan penghargaan tertinggi untuk Kota Sehat.
Atas penghargaan ini Plt. Walikota Pasuruan menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada stokeholder dan semua pihak serta masyarakat yang telah ikut membantu mensukseskan program pembangunan kesehatan.
Penghargaan ini menunjukkan jika Kota Pasuruan layak untuk menerima penghargaan karena telah dipandang memenuhi 5 (lima) tatanan / kategori / persyaratan yang dinilai untuk meraih Swasti Saba Wistara. Keterlibatan Organisasi Perangkat Daerah teknis yang dikoordinir oleh Badan Perencanaan Pembangunan, Pengembangan Dan Penelitian Daerah Kota Pasuruan dan keterlibatan Forum Komunikasi Kota Sehat Kota Pasuruan, Forum Kecamatan dan Kelompok Kerja (Pokja) Kelurahan sangat menentukan tercapainya Kota Sehat.
Dalam kesempatan ini, Walikota Pasuruan berharap prestasi yang diperoleh itu dapat dijadikan motivasi untuk terus melakukan kreatifitas dan inovasi menjadikan program pembangunan di bidang kesehatan, menjadi program unggulan menuju Kota Pasuruan Kota Jasa dan Perdagangan dan salah satu jasanya adalah jasa kesehatan.