Inpiring City Pasuruan. Sebagai organisasi keagamaan yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan, Muhammadiyah menduduki tempat yang sangat penting dalam pembangunan masyarakat dan bangsa kita. Tak dapat disangkal bahwa Muhammadiyah telah memberikan sumbangsih yang amat besar dalam membangun umat dan masyarakat semenjak zaman penjajahan. Usaha Muhammadiyah dalam pencerdasan bangsa lewat kegiatan-kegiatan pendidikan dan dakwah tidaklah kecil artinya dalam rangkaian perjuangan kebangsaan menuju Indonesia merdeka. Muhammadiyah dengan dakwah amaliyahnya telah banyak memberikan kesadaran kepada bangsa kita bahwa kita sendirilah yang bertanggung jawab untuk membangun bangsa, dan bukan orang lain.

Plt. Walikota Pasuruan bersama Ketua DPRD Kota Pasuruan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Pasuruan, Ketua Umum Pimpinan  Pusat Muhammadiyah, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah  Kota Pasuruan, Ketua MUI Kota Pasuruan, Ketua FKUB Kota Pasuruan, Kepala BPN Kota Pasuruan, Direktur P3GI Kota Pasuruan serta undangan lain, pada hari Selasa tanggal 14 Januari 2020 menghadiri Resepsi Milad Pengurus Daerah Muhammadiyah Ke 107  dengan Tema “ 107 Tahun Muhammadiyah Mencerdaskan Kehidupan Bangsa “ bertempat di Aula P3GI Jalan Pahlawan Kota Pasuruan.

Dalam kesempatan ini,  Plt. Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST  menyampaikan Muhammadiyah telah berusia 107 tahun. Kita bersyukur kepada Allah karena berkat Karunia dan Ridha-nya, Muhammadiyah mampu bertahan dan berkembang dengan istiqomah dalam menyebarluaskan dan memajukan misi dakwah menuju terwujudnya masyarakat islam yang sebenar-benarnya yang dicita-citakan selama ini. Bersama dengan itu kita berdo’a disertai ikhtiar terus-menerus agar Muhammadiyah senantiasa tetap memberikan kemanfaatan terbaik untuk kemajuan umat, bangsa, dan kemanusiaan universal dalam bingkai Rahmatan Lil-Alamin.

Lebih lanjut dikatakan, banyak hal telah dirintis dan dikhidmatkan Muhammadiyah untuk umat dan bangsa melalui amal usah dan amalan-amalan dakwahnya untuk kemajuan. Ada pula hal-hal yang belum tergarap dengan baik dan masih menjadi tantangan Muhammadiyah untuk dilaksanakan melalui misi dakwahnya. Berbagai rintanganpun telah banyak dilalui oleh Muhammadiyah dalam rentang usia yang panjang itu. Sehingga Muhammadiyah tetap terus berusaha untuk mencerahkan kehidupan umat dan bangsa Indonesia. Dirgahayu Muhammadiyah ke-107. Semoga di usia yang telah melebihi satu abad ini, Muhammadiyah dapat terus meningkatkan kiprahnya dalam berbagai sektor pembangunan di negeri ini, khususnya di Kota Pasuruan, sehingga cita-cita kita mewujudkan Indonesia yang makmur, damai, dan sejahtera dapat terwujud. Tetaplah berjuang demi kemajuan islam dan pembangunan bangsa. Semoga Allah SWT selalu memberikan rahmat dan pertolongannya kepada kita semua demi terwujudnya kesejahteraan beragama di Kota Pasuruan.