Inspiring City Pasuruan. Kegiatan praktek kerja nyata ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan perubahan perilaku masyarakat dalam bidang kesehatan, khususnya di 9 kelurahan yang telah terpilih yaitu Kelurahan Panggungrejo, Bugul Lor, Trajeng, Mayangan, Kebonsari, Karanganyar, Purworejo, Purutrejo Dan Kebonagung. Perlu kita ketahui bahwa permasalahan kesehatan merupakan permasalahan yang kompleks.

          Oleh karena itu, Plt.  Walikota Pasuruan pada hari Selasa  tanggal 10 Maret 2020 bertempat di Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan menerima 120 mahasiswa-mahasiswi Progam Studi  Kesehatan Lingkungan Poli Teknik Kesehatan Surabaya dalam rangka Praktek Kerja Nyata (PKN) di Kota Pasuruan. Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Direktur Poli Teknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya Dan Para Dosen Pembimbing, Kepala OPD Terkait Di Lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Camat Panggungrejo Dan Purworejo, Kepala Puskesmas Wilayah Kecamatan Panggungrejo Dan Purworejo, Lurah Terkait Yang Menjadi Tempat Praktek Kerja Nyata Mahasiswa Poltekes Surabaya, Serta mahasiswa-mahasiswa.

Dalam kesempatan ini, Plt. Walikota  Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Pasuruan mengucapkan selamat datang dan terimakasih atas kepercayaan Bapak Direktur Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Surabaya yang telah memilih Kota Pasuruan sebagai tempat praktek  kerja nyata mahasiswa Poltekes Surabaya. Perlu digaris bawahi bahwa kegiatan PKN merupakan kegiatan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat. Untuk itu, agar kegiatan PKN ini berjalan lancar, agar para peserta PKN dapat menempatkan diri di tengah-tengah masyarakat. Lakukan pendekatan secara baik-baik kepada masyarakat dengan selalu mencermati situasi dan kondisi yang ada di lingkungan. Lakukan pula koordinasi dengan jajaran Pemerintahan di Kelurahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta seluruh elemen masyarakat.

          Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa sebagai kaum intelektual dan pembaharu, maka kegiatan PKN ini menjadi salah satu momentum yang sangat penting untuk mengaplikasikan ilmu dan pengetahuan yang telah dimiliki di tengah-tengah masyarakat. Disamping itu, juga menjadi sarana penting untuk belajar memahami permasalahan kesehatan dan cara penyelesaiannya sesuai dengan karakteristik masyarakat. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan pelaksanaan PKN tidak hanya ditentukan oleh kerja keras mahasiswa semata, namun juga ditentukan oleh dukungan dari banyak unsur seperti Pemerintahan di Kelurahan, Kecamatan serta masyarakat. Untuk itu kepada seluruh Lurah dan Camat yang telah terpilih menjadi lokasi PKN, serta jajaran dinas atau instansi terkait, agar memberikan dukungan dan fasilitas yang proporsional terhadap pelaksanaan PKN ini. Berikan bimbingan dan arahan serta petunjuk agar PKN ini dapat memberikan manfaat.