Inspiring City Pasuruan, Pemerintah Kota Pasuruan mulai menyalurkan bantuan sosial tunai dan bantuan ekonomi yang berasal dari APBD Kota Pasuruan ke warga Kota Pasuruan hari Rabu tanggal 20 Mei 2020. Bantuan tersebut sebesar Rp. 200.000 per keluarga penerima manfaat (KPM) selama 9 (sembilan) bulan ke depan. Plt. Wali Kota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST di dampingi Asisten III Kota Pasuruan Bapak Agus Fadjar, S.STP, MM, Plt. Asisten II Kota Pasuruan Bapak H. Mahbub Efendi, SE, MM, Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Pasuruan Bapak Herry Dwi Sujatmiko, S,Sos., MM serta Camat Bugul Kidul Bapak Ilyas, S.Sos dan Lurah Tapaan Bapak Abdullah Agus Salim memantau langsung jalannya penyaluran bantuan sosial pada masyarakat di  Kantor Kelurahan Tapaan. Untuk bantuan ekonomi di fokuskan di Kecamatan Panggungrejo..Bantuan sosial maupun bantuan ekonomi serentak dilaksanakan di Kelurahan Se-Kota Pasuruan.

Plt. Wali Kota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST
menyampaikan bahwa pencairain bantuan ini adalah untuk bulan Mei dan untuk Hari Raya Idul Fitri 1441 H, karena Pemerintah Kota Pasuruan memahami bahwa kebutuhan ketika Hari Raya meningkat. Lebih lanjut dikatakan,  apa yang diberikan Pemerintah Kota Pasiruan masih jauh dari
kebutuhan namun semoga apa yang diberikan dapat sedikit mengurangi beban warga. Mari kita bersama-sama menangani penyebaran virus Covid-19 dan semoga menjadi berkah untuk semuanya. Perlu diketahui Pemerintah Kota Pasuruan memberikan bantuan berupa bantuan sosial dan ekonomi kepada warga kota Pasuruan yang terdampak virus Covid-19. Adapun bantuan sosial berupa sembako yakni  beras 10 kg, minyak 1 liter, gula 2 kg dan 3 Mie Instan senilai Rp. 200.000 setiap  bulan. Dan untuk bantuan ekonomi berupa uang Rp. 200.000,- setiap bulan.