Inspiring City Pasuruan, Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27, pada hari Senin tanggal 29 Juni 2020 bertempat di Halaman Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan dilaksanakan upacara dengan menerapkan protokol kesehatan. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB), di hadiri Sekretaris/Kepala Bidang dan  Aparatur Sipil Negara. Sambutan Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di bacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan Ibu Njoman Swasti, S. STP, MM mengatakan pada tahun 2020 ini, BKKBN bertekad untuk membangun cara dan semangat baru dalam membantu keluarga mewujudkan keluarga berkualitas, maka BKBBN mengambil tema sentral HARGANAS Ke-27 tahun ini yaitu “BKKBN Baru dengan cara : Baru dan Semangat Baru Hadir Di Dalam Keluargamu”. Dengan semangat tersebut, BKKBN saat ini melakukan rebranding Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana atau Bangga Kencana, dengan tekad agar BKKBN semakin mampu untuk terus berupaya meningkatkan kepedulian keluarga Indonesia dalam membangun keluarga berkualitas demi pembangunan sumber daya manusia Indonesia seutuhnya. Meskipun berada pada pasca pandemi Covid-19, pelayanan Program Bangga Kencana tetap hadir di keluarga dengan memberikan pelayanan terbaik sesuai siklus usia reproduksi dan pendekatan siklus kehidupan, dengan tetap memperhatikan aspek protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Lebih lanjut dikatakan, acara strategis pada hari keluarga tahun ini, yaitu kegiatan “Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor”, yang dilaksanakan tepat pada 29 Juni 2020. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pesan bagi keluarga tentang kesiapan pelayanan kontrasepsi untuk melayani kebutuhan para keluarga. Ucapan terima kasih kepada para keluarga di seluruh Indonesia, yang menjadikan hari keluarga sebagai momentum untuk melakukan introspeksi, evaluasi, dalam membangun keluarga dan seluruh pihak yang telah mensukseskan pelaksanaan kegiatan Hari Keluarga Nasional ke-27. Semoga Hari Keluarga Nasional ke-27 ini dapat dijadikan daya ungkit bagi sinergitas antara BKKBN, dengan Tim Penggerak PKK, Pemerintah Daerah Provinsi serta Pemerintah Daerah.

Seusai upacara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba lukis oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pasuruan kepada para pemenang lomba lukis
yaitu Juara I  Yumna Nurul Fikriyah, Juara II Yasmin Syahada Nandini dan Juara III, Fariz Rochman Maulana.