Inspiring City Pasuruan. Sabtu malam tanggal 8 Agustus 2020, Plt. Walikota Pasuruan bersama Kapolres Kota Pasuruan dan
Komandan Kodim 0819 Pasuruan didampingi Plt. Asisten Pemerintah, Kepala Dinas Perhubungan dan Plt. Kepala SATPOL PP menggelar sidak malam hari di beberapa sudut wilayah Kota Pasuruan. Sidak ini bertujuan untuk mengingatkan warga Kota Pasuruan tentang bahaya Virus Covid-19. Plt. Walikota Pasuruan memberikan pemahaman langsung kepada warga yang ditemui untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satunya dengan selau disiplin menggunakan masker dan menjaga jarak.

Sidak ini dilakukan  di 5 (lima) titik pos pantau Covid-19.
Yakni, pos pantau Pengkol, Pohjentrek, Karangketug, Blandongan,  dan Exit Tol Kebonagung. Kelima titik ini sengaja dipilih karena merupakan batas keluar masuk di wilayah Kota Pasuruan. Warga yang hendak masuk ke wilayah Kota Pasuruan akan dilakukan pemeriksaan di pos pantau ini. Para petugas yang berjaga telah sigap melaksanakan protokol kesehatan kepada warga yang melintas. Salah satunya dengan pemeriksaan suhu, mengingatkan untuk menggunakan masker, dan menyemprot kendaraaannya dengan cairan disinfektan. Kelima pos pantau tersebut, sejak 7 Agustus diawasi langsung oleh Kepala Perangkat Daerah Pemerintah kota Pasuruan yang dijadwalkan secara bergantian agar operasional pos pantau dapat berjalan sebagaimana tujuan yang diharapkan, serta mengajak Kepala Perangkat Daerah untuk memiliki peran yang sama dalam pencegahan covid-19 di kota pasuruan.

Saat sidak, Plt Walikota Pasuruan melarang beberapa pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan masker, masuk ke wilayah Kota Pasuruan. Bapak Raharto Teno Prasetyo meminta pengendara tersebut putar balik karena mereka tidak menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Dikhawatirkan pengendara ini memiliki potensi besar untuk menularkan virus Korona ke warga Kota Pasuruan.  Sidak malam hari yang dilakukan Plt. Walikota Pasuruan, Bapak Raharto Teno Prasetyo untuk memastikan bahwa keberadaan pos pantau berjalan dengan maksimal. Termasuk para petugas yang berjaga, hingga penerapan prosedur protokol kesehatan agar selalu dilakukan. Sebab, hal ini juga merupakan bagian dari upaya Pemerintah Kota Pasuruan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Pemkot Pasuruan terus berkomitmen untuktak henti-hentinya mengingatkan warganya terkait dengan bahaya virus Korona. Selain itu, juga akan selalu memastikan sarana dan prasana pencegahan virus Korona yang dibangun Pemerintah Kota Pasuruan berjalan dengan baik dan maksimal. Tidak hanya sidak di siang hari, di waktu malam dan di hari libur pun akan terus dilakukan sidak oleh Plt Walikota Pasuruan untuk terus-menerus mengingatkan warganya agar disiplin menaati protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Sebab, keselamatan dan kesehatan warga Kota Pasuruan di era pandemi ini merupakan kebijakan prioritas Pemerintah Kota Pasuruan.