Inspiring City Pasuruan. Tim Penilai Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah

yang terdiri dari perwakilan dari PT Bintang 7, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur dan Perwakilan TP PKK Provinsi Jawa Timur pada hari Kamis tanggal 5 November 2020 mengunjungi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Wanita Erlangga Kelurahan Purworejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan. Kedatangan Tim Penilai Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah tersebut untuk menilai dan  melihat sejauhmana progress peningkatan capaian keberhasilan Tim Penggerak Pemberdayaan Perempuan Dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Pasuruan yang mengantarkan KRPL Wanita Erlangga masuk nominasi Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah Tingkat Provinsi Jawa Timur. Tim Penilai Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah disambut dengan yel-yel dari KRPL Wanita Erlangga.

Dalam sambutannya, Ibu Susi Ardo Sahak. menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Bintang 7 atas program pemberdayaan masyarakat melalui Lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah, mengingat jahe merah merupakan obat tradisional yang dipercaya memberi dampak positif terhadap kesehatan. Seperti meningkatkan imun tubuh, mencegah masalah pencernaan, mengurangi nyeri otot, sebagai anti oksidan dan manfaat lainnya. Selain itu juga mengapresiasi KRPL Erlangga yang telah berhasil masuk menjadi nominasi kali ini dan ini suatu hal yang membanggakan. Semua ini atas kerjasama dengan partisipasi aktif dari Ibu PKK baik tingkat Kecamatan, Kelurahan serta Kader Lingkungan yang telah memberikan waktu, tenaga dan pikiran dalam mengembangkan Taman Herbal Bejo Jahe Merah. Disamping itu, TP PKK telah melaksanakan panen raya di 13 titik Taman Herbal Jahe Merah Bejo yang ada di wilayah Kota Pasuruan sejak bulan Agustus 2020. Sesuai dengan program Hatinya PKK yakni dalam pemanfaatan pekarangan untuk ditanami tanaman herbal, jika kegiatan ini dilakukan secara serius maka dapat menambah nilai ekonomis kepada masyarakat.

Ketua TP PKK Kota Pasuruan berharap dengan kegiatan ini terus berkelanjutan tidak hanya berhenti di kegiatan lomba Taman Herbal Bejo Jahe Merah saja tapi bisa menjadi motivasi dan inovasi bagi masyarakat luas di wilayah Kota Pasuruan untuk lebih mengenal dan mengembangkan serta melestarikan tanaman herbal jahe merah yang merupakan tanaman asli Indonesia.

Sambutan dari PT. Bintang 7 menyampaikan selamat dan sukses serta ucapan terimakasih kepada KRPL Wanita Erlangga karena sudah berpartisipasi dalam kegiatan dan masuk nominasi. Diharapkan semoga KRPL Wanita Erlangga Kelurahan  Purworejo Kecamatan Purworejo Kota Pasuruan  dapat menjadi contoh dalam pengembangan Jahe Merah dan menciptakan lingkungan yang ramah dan rukun.  (fit)