Aktual

PEMERINTAH KOTA PASURUAN IKUTI MAULUD NABI MUHAMMAD SAW SECARA VIRTUAL

Inspiring City Pasuruan. Bertempat di MCC Pemerintah Kota Pasuruan pada hari kamis tanggal 5 November 2020, Asisten Administrasi Umum Dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pasuruan, Jajaran Forkopimda serta Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik Kota Pasuruan menghadiri acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diadakan secara virtual oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut dihadiri oleh jajaran Forkopimda Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta serta para hadrah sebanyak 75. Angka 75 ini merupakan simbol Hari Jadi Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Pembacaan Makhalul Qiyam langsung di pimpin oleh Ibu Gubernur Khofifah Indah Parawansa.

Pada kesempatan ini bapak Kapolda Jawa Timur mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah suri tauladan bagi kita. Maka seyogyanya kita mengikuti surat tauladan beliau. Bahwa sekarang kita berada di masa Pandemi Covid-19, dimana Pandemi ini memberikan dampak luar biasa bagi semua sektor. Situasi pandemi ini sangat menguji kesabaran bagi kita semua. Untuk itu, kita harus menjadikan Nabi Muhammad SAW menjadi suri tauladan kita. Sehingga, kita tetap tabah dalam menjalani kehidupan.

Seusai itu, acara dilanjutkan dengan pemberian Tausiyah oleh Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta KH. Nasarudin Umar, MA, Ph.D yang berpesan agar manusia senantiasa meneladani sosok Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad SAW adalah seorang pedagang, Imam Besar, Guru dan Raja, untuk itu kita wajib meneladaninya. Dengan diperingatinya kelahiran Nabi Muhammad SAW, semua umat Islam harus merefleksikan kembali tentang sejarah lahirnya Nabi Muhammad SAW. Sebagai Nabi akhir zaman, Rosulullah Muhammad SAW telah banyak mengajarkan sifat-sifat dan akhlak yang baik untuk umat. Diantara empat sifat Nabi Muhammad SAW yang diberikan Allah SWT kepada Rasulullah yakni shiddiq (benar), amanah (dipercaya), fathonah (cerdas) dan Tabligh (menyampaikan).  Sifat-sifat inilah yang seharusnya kita pedomani sebagai umat muslim yang menjadi suri tauladan di tengah kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.(fit).