Inspiring City Pasuruan.  Sejumlah titik akses menuju ke jantung Kota Pasuruan akan ditutup total pada malam tahun baru. Untuk pengamanan di sejumlah titik ini, ratusan personel keamanan bakal dikerahkan.

Sebelum menempati pos yang telah ditentukan, ratusan personel pengamanan ini melaksanakan apel di GOR Untung Surapati, Kota Pasuruan pada Kamis (31/12/2020) sore pukul 16.00 WIB. Apel ini dipimpin langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Bapak Raharto Teno Prasetyo dengan didampingi oleh Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman dan Dandim 0819 Letkol Inf. Burhan Fajari Arfian.

Dalam pidatonya kepada peserta, Bapak Teno menyampaikan agar peserta apel terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan secara masif guna mencegah penyebaran Covid-19 saat perayaan malam tahun baru. Kemudian Bapak Teno juga mengingatkan, curah hujan yang tinggi pada bulan Desember rawan menyebabkan banjir di Kota Pasuruan, serta kerawanan kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan sebagainya.

“Mari bersama-sama seluruh instansi dan tokoh-tokoh agama, masyarakat, maupun tokoh pemuda untuk menjaga kondusifitas Kota Pasuruan,” kata Bapak Teno.

Sementara itu Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Arman mengatakan, ada 613 personel gabungan yang dikerahkan. Ratusan personel tersebut terdiri dari anggota Polres Pasuruan Kota, Brimob, TNI, Sat Pol PP, BPBD, dan relawan masyarakat sipil.

Menurut Arman, ada sembilan titik krusial di Kota Pasuruan yang bakal ditutup total. Sembilan titik itu akan mulai dibatasi sejak pukul 19.00 WIB dan setelah itu tidak ada warga yang boleh masuk.

“Kecuali tiga kriteria warga yang boleh masuk, yakni orang sakit, orang mau melahirkan, dan warga yang ber-KTP sekitar lokasi,” kata AKBP Arman.(fit)