Inspiring City Pasuruan. Sepanjang tahun 2020, Indeks Pembangunan Manusia Kota Pasuruan naik 0,1 Poin. Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST pada saat rapat paripurna DPRD pada hari Selasa (09/02/2021). Rapat paripurna yang bertempat di Gedung DPRD Kota Pasuruan tersebut dilaksanakan dengan agenda penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2020.

Dalam paparannya Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo, ST menyampaikan bahwa pembangunan manusia yang merupakan pembangunan pada aspek pendukung daya saing daerah menunjukkan angka yang cukup baik melalui Indeks Pembangunan Manusia sebesar 75,26 poin pada 2020, meningkat dari tahun 2019 sebesar 75,25 poin.

“IPM merupakan agregat beberapa indikator antara lain, bidang pendidikan yang menunjukkan kinerja cukup baik. Hal ini ditunjukkan dengan indeks pendidikan sebesar 0,69. Kami berkomitmen untuk menuntaskan wajib belajar atau wajar 12 tahun,” jelas Teno.

Wali Kota Pasuruan juga menjelaskan bahwa pembangunan bidang kesehatan juga menunjukkan kinerja yang cukup baik. Capaian ini juga didukung dengan membaiknya Indeks Kesehatan mencapai sebesar 0,79. Secara kuantitatif kedua indeks mengalami peningkatan. Sedangkan angka harapan hidup mencapai sebesar 71,52.

Rapat paripurna tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan dihadiri oleh berbagai unsur pemangku kepentingan yakni Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819 Pasuruan, Kepala Pengadilan Negeri Pasuruan, Kajari Kota Pasuruan, Komandan Yon Zipur 10 Kostrad, Kepala Perangkat Daerah Kota Pasuruan serta undangan lain. (fit)