Aktual

Perkuat Implementasi Kebijakan Fiskal, Pemkot Pasuruan Jalin MOU Dengan Kanwil DJPB Jawa Timur

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan (Pemkot) Pasuruan menandatangi kesepakatan bersama atau Momerandum of Understanding (MOU) dengan Kantor Wilayah Direktoral Jenderal Perbendaharaan (DPJb) Provinsi Jawa timur, Senin (13/9/21) pagi di Pendopo Surga Surgi Kota Pasuruan.

MOU ini dimaksudkan untuk pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi implementasi kebijakan fiskal pemerintah di Kota Pasuruan.

Penandatanganan kesepakatan bersama atau Momerandum of Understanding (MOU) ini dilakukan langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dengan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Jawa Timur Taukhid.

Dalam sambutannya, Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap dengan adanya MOU ini dapat meningkatkan kinerja pengelolaan keuangan di Pemerintah Kota Pasuruan.

“Saya berharap dengan adanya MOU ini kinerja kami meningkat khususnya dibidang keuangan,”ujar Gus Ipul.

Disampaikan beliau, bahwa banyak PR di Pemkot Pasuruan diantaranya sebelumnya Pemkot Pasuruan meraih WDP namun sekarang sudah WTP, Sakip masih B dan sedang berjuang meraih A, SPBE, dan kapasitas fiskal jauh dari kebutuhan.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa tiga tahun terakhir ini kapasitas fiskal pemerintah Kota Pasuruan mengalami penurunan.

“APBD kita pernah mencapai diatas satu triliyun. Namun turun menjadi 800 lalu 700. Jadi, kita sedang berjuang untuk mencapai satu triliyun. Tentu itu semua dapat dilakukan jika kami bisa berprestasi,”jelas Gus Ipul.

Gus Ipul juga mengatakan bahwa pemerintah Kota Pasuruan melakukan berbagai upaya untuk mengukir prestasi dalam meningkatkan kapasitas fiskal. Yakni seperti meraih WTP dan sekarang sedang berjuang untuk mendapatkan A dalam penilaian SAKIP.

Gus Ipul juga menyampaikan terimakasih kepada Kanwil DJPB Jawa Timur dan meminta dukungan agar Pemerintah Kota Pasuruan dapat meningkatkan kapasitas fiskal.

“Terima kasih Pak, Kota Pasuruan memiliki potensi meskipun punya kekurangan tapi saya dan mas Adi semangat sekali dan ternyata bisa berprestasi ditengah-tengah kekurangan. Tinggal kita kerja keras, punya kemauan dan didukung panjenengan kita bisa melaju cepat dua kali lipat dari sekarang,” pungkasnya.

Penandatanganan Mou ini disaksikan oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Para Asisten Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Perangkat Daerah terkait dan Camat se Kota Pasuruan. (fit)