Inspiring City Pasuruan. Setelah vaksinasi Covid-19 tahap pertama dilakukan, oleh Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Pasuruan, Ismail Marzuki Hasan, pada hari ini Kamis tanggal 11 Februari 2021 kembali melakukan vaksinasi Covid-19 untuk tahap kedua. Vaksinasi kedua yang bertempat di Ruang Rapat Untung Suropati Kota Pasuruan diikuti pula oleh sejumlah anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua PCNU Kota Pasuruan, Perwakilan Anggota MUI Kota Pasuruan, dan para penerima vaksinasi Covid-19 tahap pertama lainnya. Jika seseorang telah melakukan vaksin tahap pertama maka diperlukan 14 hari untuk melakukan vaksin tahap kedua.

Sebelum dilakukan penyuntikan, para calon peserta vaksin harus melalui tahap screening untuk memastikan bahwa pasca penyuntikan vaksin tahap pertama dalam kondisi sehat dan tidak mengalami sakit. Pada tahap screening, seluruh peserta menyampaikan bahwa kondisi mereka sehat dan tidak merasakan apa pun.

Mohammad Nailur Rochman, Ketua PCNU Kota Pasuruan mengatakan, bahwa setelah melakukan vaksinasi tahap pertama saya tidak merasa sakit, hanya ngantuk berat. Anggota MUI Kota Pasuruan, M. Mundzir Thuhuri dan calon penerima vaksin lainnya juga memberikan keterangan yang sama bahwa pasca vaksinasi Covid-19 tahap pertama tidak mengalami gejala apapun dan tetap dalam kondisi sehat.

Selain menghimbau seluruh elemen masyarakat Kota Pasuruan agar tidak takut untuk divaksin karena vaksin ini halal dan aman, Teno juga meminta agar masyarakat bersama-sama memerangi Covid-19 dan turut mensukeskan upaya preventif virus Covid-19 melalui pemberian vaksin.  “Jangan pernah takut untuk divaksin, saya sudah melakukan vaksin tahap pertama dan kedua dan alhamdulillah berjalan baik dan lancar, saya memberikan garansi bahwa vaksin ini halal dan aman untuk dipergunakan semua elemen masyarakat.”. Tegas Teno.

Sama halnya dengan Wali Kota Pasuruan, Kepala UPT Puskesmas Kandang Sapi, dr. Ahmad Sohib yang bertugas sebagai vaksinator dosis kedua memberikan pemaparan bahwa vaksin ini halal dan aman karena virusnya sudah dimatikan dan orang yang divaksin atau pun masyarakat tidak akan tertular virus. “Untuk mencegah dan memutus Covid-19, meskipun di rumah atau dimana pun usahakan selalu menggunakan masker. Karena kalau kita patuh menggunakan masker intinya kita sudah mengurangi penularan”, Pesan Sohib untuk masyarakat (wrk).