Pasuruan Kota Madinah. Hari Rabu tanggal 31 Maret 2021 Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo melaksanakan Apel Perdana bersama seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Bertempat dihalaman Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Pasuruan apel dilaksanakan dengan standar protokol kesehatan.

Dalam sambutannya yang bertema ‘Baktiku Untuk Kotaku’ selain menyampaikan konsep Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya), Gus Ipul juga memberikan 4 poin utama yang dapat dijadikan pedoman dan inspirasi untuk membangun Kota Pasuruan lebih baik.

Adapun beberapa poin tersebut, yaitu pertama bersama bangun suasana yang mendukung kedisiplinan. “Mari bersama kita coba sekuat tenaga bangun kedisiplinan. Mari kita mulai terapkan agar menjadi warna berbeda di Kota Pasuruan”. Ujar Gus Ipul. Poin kedua, yaitu tertib administrasi utamanaya terkait aset. Karena salah satu penyebab Kota Pasuruan menjadi satu-satunya kota di Pulau Jawa yang mendapat opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) adalah masih belum teritb administrasi, khususnya pencatatan aset. “Saya minta semua memberi dukungan karena target kita adalah meraih kembali opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian)” Lanjut Gus Ipul.

Selanjutnya poin yang harus diperhatikan bagi ASN adalah perlunya menciptakan kebersihan, baik kebersihan pikiran, hati dan lingkungan yang dimulai dari lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Salah satunya yaitu menjadikan hari Jum’at sebagai hari kerja bakti bersama. “Mari kita bangkit bersama, saya minta melakukan beberapa hal ini sebagai upaya menaikkan APBD Kota Pasuruan”. Pungkas Gus Ipul. Poin terakhir yaitu ASN perlu solid dan fokus dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Beliau juga menekankan bahwa birokrasi itu harus selalu solid. “Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang mengakibatkan ASN tidak solid”. Ujar Gus Ipul. Sebagai penutup, seluruh peserta apel, Gus Ipul dan Mas Adi melakukan senam peregangan selama 15 menit sebagai langkah awal diadakannya #GerakanCaring bersama seluruh ASN Kota Pasuruan. (wdy)