Pasuruan Kota Madinah. Hingga saat ini silaturrahmi ke kelurahan yang ada di Kota Pasuruan terus dilakukan oleh Gus Ipul dan Mas Adi. Pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021 silaturrahmi tersebut telah sampai di Kelurahan Bangilan, Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan. Tidak hanya seorang diri, Lurah Bangilan dengan didampingi rekan sejawatnya, TNI-Polri, Camat Panggungrejo, Ketua RT, Ketua RW, Babinsa, Babinkamtibmas, Perwakilan Pustu serta Perwakilan Ibu-Ibu Kader Lansia, Anak dan Lingkungan menyambut hangat dan antusias atas kunjungan Gus Ipul dan Mas Adi.

Mewujudkan Pasuruan Kota Madinah (Maju Ekonominya, Indah Kotanya, dan Harmoni Warganya) ditengah minimnya Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) merupakan tantangan tersendiri bagi Gus Ipul dan Mas Adi. Maka silaturrahmi guna madakno ati madakno karep dengan Ketua RT dan Ketua RW yang notabene adalah salah satu ujung tombak perubahan ditingkat bawah menjadi salah satu cara yang ditempuh. Harapannya tercipta satu pikiran, satu langkah, dan satu sinergi dalam percepatan pembangunan di Kota Pasuruan. “Tugas saya dan Mas Adi yang pertama yaitu membangkitkan semangat kita semua untuk raih kembali APBD di atas 1 triliun. Caranya WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) harus kita raih, dan kita harus selesaikan Rencana Tata Ruang dan Wilayah) untuk mengungkit anggaran Kota Pasuruan”. Ujar Gus Ipul.

Dslam kesempatan ini, Gus Ipul memberikan penjelasan dan arahan pada tamu undangan yang hadir tentang skema PPKM Mikro atau tingkat RT termasuk peran Posko Covid-19, dan skema anggaran yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk mensukseskan PPKM Mikro. Karena langkah selanjutnya dalam percepatan pembangunan untuk raih APBD tinggi adalah perlunya penanganan Covid-19 hingga tingkat Kelurahan dengan dibantu RT dan RW, sebab kunci PPKM Mikro adalah keaktifan pelaksanaan ditingkat RT. Dimana nanti harus ada relawan setiap RT terdiri dari 4 orang dengan diketuai oleh Ketua RT. Diakhir dialog interaktif, Gus Ipul menyampaikan, UMKM di Kelurahan Bangilan perlu didukung, RT dan RW harus siap menyukseskan PPKM Mikro sesuai ketentuan, melakukan gerakan bersih-bersih kampung, dan perlunya mengagendakan pertemuan selanjutnya. (wdy)