Pasuruan Kota Madinah. Bertempat dihalaman Kantor Badan Kepegawaian Daerah Kota Pasuruan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melantik dan mengambil sumpah Jabatan Pegawai Fungsional dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Acara yang diselenggarakan pada hari Senin tanggal 29 Maret 2021 ini dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan dan para Kepala Perangkat Daerah yang terkait. Terdapat 57 Pejabat Fungsional yang diambil sumpahnya, yakni sebanyak 20 orang pengangkatan pertama dalam Jabatan Fungsional Tertentu, 33 orang kenaikan jenjang dalam Jabatan Fungsional Tertentu, 3 orang Inpassing/penyesuaian dalam Jabatan Fungsional Tertentu, dan 1 orang pengangkatan kembali dalam Jabatan Fungsional Tertentu.

Mengingat bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor penting yang menjadi modal dalam pembangunan Kota Pasuruan, Gus Ipul berharap para pejabat yang dilantik dapat lebih memajukan dan menjadi penerus pembangunan Kota Pasuruan. Lebih lanjut Gus Ipul menyampaikan bahwa dengan adanya UU No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, maka karir PNS menjadi zona kompetitif. Oleh sebab itu harus memiliki kesiapan untuk terus mengembangkan kompetensi diri masing-masing. “Kalau ada motivasi untuk kompetisi maka ada semangat untuk terus berinovasi dan berkreasi agar tidak ketinggalan, khususnya untuk berkompetisi mengejar ketertinggalan dari kota-kota lain” Ujar Gus Ipul. Amanah baru yang telah diberikan pada pejabat fungsional ini harus diwujudkan dan dijaga dengan kinerja yang optimal menuju yang lebih baik dikemudian hari.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul berpesan bahwa jabatan dan amanah yang diberikan jangan sampai turun karena jika turun berarti terdapat catatan tidak baik, tapi jika naik berarti memiliki catatan yang baik. Sebagai penutup Gus Ipul mengingatkan adanya kerja keras mengejar ketertinggalan dari kota lain untuk mewujudkan Pasuruan Kota Madinah. Gus Ipul mengingatkan perlunya menjaga keindahan dan kebersihan lingkungan. “Saya minta di dalam lingkungan Pemerintah Kota lebih indah. Jadi kita buat lingkungan kita indah dulu kemudian kita ajak seluruh masyarakat untuk turut membangun kota yang indah” Pungkas Gus Ipul. (wdy)