Pasuruan Kota Madinah. Menjelang bulan Suci Ramadhan, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas umum, salah satunya yaitu Terminal Untung Suropati atau Terminal Wisata Kota Pasuruan. Kunjungan ini dilakukan pada hari Sabtu sore tanggal 3 April 2021 didampingi oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Pasuruan dan Kepala UPT Parkir Terminal Wisata Kota Pasuruan. Dalam kunjunganya, Gus Ipul melakukan peninjauan ke beberapa titik lokasi, seperti toilet umum di terminal. Tujuannya untuk memastikan bahwa toilet dalam keadaan bersih sehingga layak sebagai fasilitas umum bagi pengunjung. Hal ini menjadi penting karena Terminal Wisata menjadi salah satu wajah Kota Pasuruan bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke makam KH Abdul Hamid (Mbah Hamid).

Kehadiran Gus Ipul ke terminal juga dimaknai sebagai dibukanya kembali kios-kios pedagang yang hampir satu tahun ini ditutp karena pandemi Covid-19. Agar ekonomi kembali bergerak, Gus Ipul memberi kelonggaran bagi pedagang untuk berjualan sesuai ketentuan yang telah disepakati, yakni waktu berjualan hingga pukul 21.00 WIB, tidak melayani pembeli yang tidak memakai masker, dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat. Tentu hal ini mendapat antusias dari setiap pedagang karena telah mendapat kesempatan untuk berjualan kembali.

Sebelum kunjungan berakhir, Gus Ipul melakukan dialog interaktif dengan beberapa perwakilan pedagang yang biasa berjualan di kios-kios terminal untuk membahas berbagai persoalan-persoalan untuk dicari solusinya. Diantaranya yakni membahas kebersihan lingkungan, jumlah wisatawan yang biasa berkunjung untuk membeli produk jualannya, termasuk meminta pedagang untuk turut mensukeskan vaksinasi Covid-19, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan terminal agar selalu bersih dan layak dipakai pengunjung, serta mengizinkan untuk tetap berjualan dibulan Ramadhan sejak sore hari menjelang Maghrib hingga pukul 21.00 WIB sesuai protokol kesehatan. (wdy)