Pasuruan Kota Madinah. Sebagai salah satu strategi dalam melakukan peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, Pemerintah Kota Pasuruan mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) untuk membangun Mall Pelayanan Publik (MPP) di Kota Pasuruan. Dukungan ini disampaikan langsung oleh Diah Natalisa, Deputi Pelayanan Publik KemenPANRB, Noviana Andrina, Asisten Deputi Pelayanan Publik, dan Aris Samson Analis Kebijakan Madya KemenPANRB saat mendapat kunjungan dari Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Perijinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Kokoh Arie Hidayat beserta jajarannya,  dan Tita selaku Plt. Kepala Bagian Organisasi Pemerintah Kota Pasuruan pada hari Selasa tanggal 15 Juni 2021.

Dengan memperhatikan prinsip keberdayagunaan, keterpaduan, koordinasi, aksesibilitas, akuntabilitas dan kenyamanan, Gus Ipul menyampaikan bahwa tujuan lain dibangunnya MPP untuk membentuk one stop service area yang memberikan kemudahan, kecepatan, keterjangkauan keamanan, dan kenyamanan kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Lebih lanjut disampaikan, MPP akan berlokasi di Gedung Mall Poncol Pasuruan yang dulunya sempat terbengkalai dengan proses pembangunan dan layananannya akan dibantu dan disinergikan dengan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dan Perangkat Daerah secara vertikal.

Mengingat saat ini gedung Mall sudah dalam tahap renovasi, Gus Ipul berharap pada akhir tahun dapat dilaksanakan uji coba penggunaan MPP dengan didukung kecanggihan teknologi berbasis IT dan sumber daya manusia (frontliner) yang handal dan berjiwa melayani (hospitality). Beberapa diantara pelayanan yang tersedia nantinya, diakukan oleh Disdukcapil, Pengadilan Agama, Samsat, Polri, Imigrasi, hingga BUMN, BUMS, dan sebagainya.

Terkait hal ini, KemenPANRB menyambut baik rencana pembangunan MPP dan akan membantu mematangkan konsep dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi Kota Pasuruan. Nantinya akan ada tim survei KemenPANRB yang datang langsung ke Kota Pasuruan untuk memantau, mendampingi, berdialog, dan memastikan pembangunan MPP lancar.