Aktual

FGD Bersama Tim Pakar Satgas Covid, Mas Adi Sampaikan Rencana Strategis Pengendalian Covid-19 Di Kota Pasuruan

Pasuruan Kota Madinah. Dilaksanakan secara virtual, Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) didampingi Kapolres Pasuruan Kota, Kasatpol PP Kota Pasuruan, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pasuruan, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan, dan Perangkat Daerah Kota Pasurusn mengikuti Forum Group Discussion dalam acara Pendampingan Daring 2 bersama Tim Pakar Satgas Covid-19. Digekar pada hari Jumat 5 Agustus 2021 di Media Command Centre (MCC) Kota Pasuruan, acara ini dikuti oleh para Pimpinan Daerah di wilayah Jawa Timur 4.

Pada acara yang dimoderatori Alphieza Syam selaku Anggota Tim Pakar Satgas Covid-19 Pusat, Mas Adi menyampaikan upaya/kanvas pengendalian dan rencana strategis pengendalian Covid-19 di Kota Pasuruan. Mengingat saat ini Kota Pasuruan masuk dalam status PPKM Level 4 dengan rata-rata BOR/Tempat Tidur Isoman mencapai 77,3%, maka upayape pendalian dibagi dalam tiga rencana aksi, meliputi bidang kesehatan, bidang sosial, dan bidang pengamanan.

Dalam bidang kesehatan, rencana aksi terdiri dari empat hal, meliputi pelaksanaan tracing dan testing, penyediaan fasilitas layanan kesehatan, pelaksanaan vaksinasi, serta pembentukan posko di tingkat kelurahan.  “Dalam upaya pengendalian, kami menyinergikan peran babhinsa, kader, relawan serta Puskesmas dalam kegiatan tracing/pelacakan kasus dilengkapi laporan SILACAK. Untuk karantina, Pemkot Pasuruan menyediakan fasilitas Rumah Karantina ditingkat Kota dan Kecamatan termasuk di Hotel Semeru Park.” Ujar Mas Adi.

Dalam bidang sosial, rencana aksi yang dilakukan diantaranya memberikan Bantuan Sosial Sembako, Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Program Keluarga Harapan, Bantuan Sosial Tunai APBD Kota Pasuruan Bidang Sosial, dan sebagainya. Dan rencana aksi bidang pengamanan telah dilakukan Penyekatan Ruas Jalan Pam Gabungan 17 Titik Di Wilayah Kota Pasuruan, Penyekatan Ruas Jalan Pam Gabungan 6 Titik Di Wilayah Kota Pasuruan, Posko Pengamanan PPKM Darurat, Patroli Kerumunan Masyarakat dan Patroli Gabungan dan sebagainya. Selain mendapatkan apresiasi atas keseriusan penanganan Covid-19, Kota Pasuruan juga mendaoat beberapa saran, seperti perlunya menjalin kerjasama dengan pihak-pihak lain selain relawan, seperti para akademisi /pihak universitas, pihak swasta, dan organisasi kemasyarakatan lainnya.