Aktual

Cari Bibit Pemain Sepak Bola, Gus Ipul Gelar Liga Tarkam

Pasuruan Kota Madinah. Pemerintah Kota Pasuruan akan gelar turnamen sepak bola pada awal oktober 2021 yang bertajuk Liga Tarkam dengan tema Golek Sehat Golek Seneng. Turnamen ini diikuti 24 kelurahan untuk memperebutkan hadiah uang tunai sekaligus merupakan ajang untuk mencari bibit pemain sepak bola asal Kota Pasuruan.

Semua pertandingan dipusatkan di Stadion Untung Soeropati Kota Pasuruan, dengan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan ini Gus Ipul menyampaikan serius menghadirkan sebuah kompetisi ini. Karena beliau ingin membangun kebahagiaan Kota Pasuruan dengan turnamen Liga Tarkam. Selain Golek Sehat Golek Seneng, turnamen ini sekaligus sebagai wadah untuk mencari bibit pemain sepak bola asal Kota Pasuruan.

“Liga Tarkam ini membangkitkan tradisi dari bawah yang dulunya menyeramkan, menakutkan dan berakhir pertengkaran saat ini menyehatkan dan menyenangkan dengan tema Golek Sehat Golek Seneng kalau sudah senang maka akan muncul bibit atlet dari Kota Pasuruan” ujar Gus Ipul

Gus Ipul juga menyampaikan dalam pelaksanaan Liga Tarkam 2021 ada beberapa tata tertib. Pertama wasit bertindak adil sesuai dengan ketentuan jika melanggar akan disangsi tidak boleh memimpin pertandingan.

Kedua panitia bertindak dengan benar sesuai dengan ketentuan apabila melanggar akan diberhentikan posisinya. Sebagai panitia harus obyektif melayani semua.

Ketiga pemain dilarang bermain kasar bila melanggar pemain akan dilarang bermain seterusnya. Keempat penonton dilarang berbuat onar  apabila melanggar akan ditindak dan tidak diperbolehkan menonton seterusnya dan direkomendasikan tidak mendapatkan SKCK.

Kelima setiap pertandingan dijaga petugas keamanan yang terdiri dari POLRI, TNI, Satpol PP dan Security Panitia serta dilengkapi kamera CCTV setiap sudut. Dan keenam tata tertib ditanda tangani pihak terlibat dengan penuh kesadaran agar Liga Tarkam ini berjalan lancar, aman dan sukses.

”Dalam Liga Tarkam Pemainnya harus ber-KTP Kota Pasuruan, dan juga harus sudah divaksin atau bebas dari covid-19,” jelas Gus Ipul.

Junaedi dari Askot PSSI Kota Pasuruan sebagai penyelenggara pertandingan menyampaikan dalam Liga Tarkam dalam satu team harus ada 2 orang berusia 17, 18 dan 21 tahun, dan sisanya bebas usianya.

“Usia 17 dan 18 tahun dipersiapkan untuk PORPROV / Pekan Olah Raga Propinsi dan usia 21 tahun dipersiapkan untuk Liga Remaja” tambahnya

Lebih lanjut Junaedi menyampaikan untuk satu hari akan dilaksanakan 2 (dua) pertandingan, jam pertandingan pertama mulai jam 13.30 Wib dan kedua jam 15.30 Wib dan durasi pertandingan 2 x 30 menit dan  untuk 8 besar satu hari akan dilaksanakan 1 pertandingan jam 15.30 Wib.

Konferensi Pers di pimpin langsung Wali Kota Pasuruan, Syaifullah yusuf (Gus Ipul), di dampingi Wakil Wali Kota (Mas Adi), Ketua DPRD, Seketaris Daerah, Kadis Kominfotik, Kadispora, Askot PSSI dan dihadiri oleh Wartawan di Stadion Untung Soeropati Kota Pasuruan, Senin (13/9/2021). (rmd/fit)