Pameran Hari Konsumen Nasional (HARKONAS) ke 7 Tahun 2019 merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga (PKTN) Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Tema pameran kali ini adalah Edukasi Konsumen. Pameran tersebut di buka secara resmi oleh Gubernur Jawa Barat di lapangan Gasibu Jalan Diponegoro Nomor 22 Bandung serta dihadiri oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia beserta Ibu, DPR RI , DPD RI, Bupati dan Walikota Se-Indonesia, pejabat Eselon I di Kementerian Perdagangan RI, Jajaran Forkompinda Provinsi Jawa Barat, pejabat eselon II di Provinsi Jawa Barat, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Jawa Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat, Ketua Badan Perlindungan Konsumen Negara beserta jajarannya, Pimpinan BUMN dan BUMD, Asosiasi pelaku usaha serta undangan lain. Pameran HARKONAS dilaksanakan selama 2 (dua) hari yakni hari Senin sampai hari Selasa tanggal 19 Maret sampai dengan tanggal 20 Maret 2019.
Dalam kesempatan ini Wakil Walikota Pasuruan Bapak Raharto Teno Prasetyo, ST hadir didampingi oleh Kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kota Pasuruan Bapak H. Mualif Arif, S.Sos, MM.
” Edukasi konsumen yang digunakan sebagai tema pameran tahun ini merupakan salah satu wujud nyata pelaksanaan Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas PK) yang diamanatkan dalam Peraturan Presiden Nomor 50 Tahun 2017. Arah kebijakan Strategi Nasional Perlindungan Konsumen adalah memperkuat pondasi dan mempercepat implementasi perlindungan konsumen dengan memprioritaskan 9 (sembilan) sektor yang merupakan tugas dan fungsi dari 10 (sepuluh) Kementerian/Lembaga.
Booth pameran tersedia sebanyak 90 (sembilan puluh) yang terdiri dari 60 (enam puluh) booth berupa pelayanan pengaduan konsumen dan 30 (tiga puluh) booth berupa produk unggulan UMKM yang tersebar di wilayah Jawa Barat.
Peserta pameran berasal dari Pemerintah/Lembaga dan pelaku usaha berdasarkan sektor dalam Strategi Nasional Perlindungan Konsumen (Stranas PK)”. Ujar Direktur Jenderal Perlindungan Konsumen Dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan RI Bapak Veri Anggrijono.
Sambutan Gubernur Jawa Barat Bapak Mohammad Ridwan Kamil mengharapkan konsumen Indonesia berdaya agar kehidupan ekonomi adil baik yang memproduksi dan mengkonsumsi. Konsumen sebagai pembeli haknya harus diperhatikan.
Diharapkan juga kepada seluruh masyarakat dapat mengunjungi pameran serta konsumen Indonesia akan semakin cerdas dan berdaya sesuai dengan tema HARKONAS tahun ini “Saatnya Konsumen Indonesia Berdaya”.
Seusai sambutan diteruskan pemukulan gong oleh Gubernur Jawa Barat, pengguntingan pita dan peninjauan booth pameran.