AktualPublikasi

Pemkot Pasuruan Komitmen Wujudkan Kota Pasuruan Jadi Wilayah Bebas Korupsi


Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) secara resmi mencanangkan Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan dengan melakukan penandatanganan kesepakatan bersama. Kegiatab ini dilaksanakan di Valencia Cafe and Resto Kota Pasuruan, senin 1 november 2021.

Pencanangan ini di tanda tangani secara langsung oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan. Disaksikan langsung Ketua DPRD, Kapolres, Kejaksaan Tinggi Negeri, Ketua Kadin, Rektor Universitas Uniwala Kota Pasuruan, Rektor Universitas Merdeka Kota Pasuruan,dan Universitas Jember Kampus Kota Pasuruan.
Ada sepuluh unit pelayanan yang diusulkan untuk pengembangan Zona Integritas yang akan diajukan ke MENPANRB diantaranya Dispenduk Capil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bapenda, RSUD Dr.R. Soedarsono, Kecamatan Bugul Kidul, Kecamatan Purworejo, Kecamatan Gadingrejo, Kecamatan Panggungrejo, Puskesmas Gadingrejo dan Puskesmas Kebon Sari.

Dalam sambutan Gus Ipul mengungkapkan kegiatan ini termasuk kategori harmoni warganya yang merupakan salah satu visi Kota Madinah, warga Kota Pasuruan itu guyub dan rukun karena menjalankan nilai-nilai PANCASILA yg merupakan warisan para leluhur dan kedua guyub dan rukun karena mendapatkan pelayanan yang adil karena layanannya tidak diskriminatif mudah diakses dengan syarat-syarat yang jelas.
“pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM merupakan upaya untuk memenuhi MCP yang telah ditetapkan sebagai indikator apakah layak sudah memenuhi standart monitoring centre for prevention (MCP), ungkapnya

Gus Ipul menyampaikan untuk meningkatkan nilai Pemerintah Kota Pasuruan yang harus dilakukan pertama layanan yang terpenting syaratnya jelas, waktunya jelas dan kalau ada biaya harus jelas dan kedua supaya menghindari penyalahgunaan wewenang maka penghubungnya adalah Teknologi menghindari orang ketemu orang karena manual itu permasalahannya banyak.

Kota Pasuruan inikan kota kecil seharusnya bisa lebih cepat dari kabupaten/kota lain, saya harapkan tingkatkan standart-standart pelayanan sesuai yang ditetapkan undang-undang, harapannya
Gus Ipul berpesan Perangkat Daerah harus melaksanakan Reformasi Birokrasi secara bertahap dan terukur dalam rangka bebas korupsi dimasing-masing instansi kemudian membuat rencana aksi yang konkrit dalam tahapan aksi di laksanakan untuk membangun Zona Integritas.

Sebagai penutup Gus Ipul menyampaikan mencanangkan hanya formalitas tunjukkan komitmen dan integritas wujudkan pelayanan yang berkwalitas. (rmd/fit)