Cerita KotaPublikasi

Tanggap Banjir, Tagana Kelurahan Kebonsari Bantu Warga Terdampak

Pasuruan Kota Madinah. Intensitas curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan sebagian wilayah Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo terendam banjir, Rabu (8/12/21) sekitar pukul 20.30 WIB.

Menyikapi hal tersebut, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kelurahan Kebonsari segera bergerak tanggap darurat bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan dan Polsek setempat untuk membantu warga yang terisolir banjir.

Hal itu disampaikan Kasi Pelayanan Kelurahan Kebonsari Ainul Rahman. Menurutnya, pihaknya segera memberi bantuan berupa makanan bagi warga yang terdampak banjir, “Pihak kita segera memberi bantuan tenaga juga makanan,” paparnya, Kamis (9/12/21).

Banjir setinggi 30 cm hingga 1 meter tersebut, lanjut Ainul, tidak menggenang terlalu lama sehingga tidak dilakukan evakuasi, “Tidak ada evakuasi tapi kami bersama relawan segera melakukan pembersihan setelah air mulai surut,” terangnya.

Terpisah, Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Pasuruan Muhammad Murtadlo mengatakan bahwa banjir yang melanda Kelurahan Kebonsari diakibatkan debit air yang meningkat karena hujan lebat.

“Karena hujan lebat, debit air yang turun ke laut meningkat dan merendam permukiman warga. Tidak terlalu lama, sekitar pukul22.30 WIB sudah surut,” terangnya.

Menurutnya, pihaknya akan terus siap siaga karena musim penghujan kerap menyebabkan banjir di wilayah Kota Pasuruan.

Sekedar diketahui, Kelurahan Kebonsari memiliki letak geografis yang lebih landai dari wilayah disekitarnya serta terbelah oleh sungai. Karenanya, Kelurahan Kebonsari kerap dignenangi air yang meluap saat hujan lebat mengguyur Kota Pasuruan. (lio)