AktualPublikasi

Rakor Monev TPID, Mendagri Harapkan Ada upaya Konkrit Pemda Pengendalian Inflasi

Pasuruan Kota Madinah. Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi) didampingi Sekda hadiri rakor (Rapat Koordinasi) pengendalian inflasi di daerah dengan Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) RI secara zoom meeting terkait perkembangan laju inflansi tahun 2023, di MCC Gradika Kota Pasuruan, Selasa (24/1/2023).

Dalam rangka pengendalian inflasi di Indonesia Kemendagri Tito Karnavian menyelenggarakan kembali rakor Pengendalian Inflasi Daerah yang membahas bersama terkait indeks harga antar wilayah, fluktuasi harga komoditas bahan pangan tertinggi, sidak operasi pasar, kerjasama daerah baik dari dalam atau luar provinsi,

Tito juga menyampaikan kembali arahan Presiden RI Joko Widodo dalam Rakornas tanggal 17 januari 2023 diantaranya :

  1. Kendalikan inflasi, pantau langsung harga dilapangan dan hati hati dalam mengatur tariff (PDAM, dan angkutan umum)
  2. Turunkan kemiskinan ekstrem sampai target 0 persen pada tahun 2024
  3. Dorong daerah untuk turunkan stunting dibawah 14 persen ditahun 2024
  4. Segera selesaikan dua masalah besar investasi yakni kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang (KKPR) dan persetujuan bangunan gedung (PBG)
  5. Memaksimalkan pengelolaan keuangan daerah dengan bangun Dana Abadi dan pastikan APBD dibelanjakan untuk produk produk buatan dalam negeri
  6. Susun rencana induk (masterplan) penataan kota dan juga penajaman yang memiliki visi dan dapat menunjukkan keunggulan dan keunikan dari setiap daerah
  7. Jaga stabilitas politik dan keamanan menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024
  8. Jamin kebebasanberagama, jangan sampai konstitusi kalah oleh kesepakatan

Tahun 2022 ini, Gubernur, Bupati dan Walikota akan dilakukan evaluasi 3 bulan sekali dan yang menjadi kriteria evaluasinya adalah pengendalian inflasi.

“Kita bersyukur, pada bulan lalu yakni  5,95 % turun menjadi 5,51 %.” Tambah Tito

Lebih lanjut Tito menyampaikan upaya konkrit pemerintah daerah dalam penanganan inflasi diantaranya melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sinak ke pasar dan distributor agar tidak menahan barang, kerja sama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, gerakan menanam, merealisasikan BTT, dan adanya dukungan Transportasi dari APBD.

Hadir dalam dalam zoom meeting Rakor TPID Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo, S,TP., M.Si (Mas Adi), Seketaris Daerah Kota Pasuruan dan didampingi Kepala Perangkat Daerah terkait. (rmd)