Aktual

Wali Kota Tinjau UMKM Yang Belum Tersentuh Bantuan Usaha

Pasuruan Kota Madinah. Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) meninjau langsung UMKM Usaha Pengolah Tempe di Rekesan RT 5 RW 3 atau disebut dengan Kampung Tempe di Pekuncen Kota Pasuruan dan Pengolah daur ulang bungkus plastik di RT 3 RW 2 Petamanan Kota Pasuruan

Gus Ipul mendatangi dua kampung tersebut dan beberapa rumah warga pengusaha tempe yang merupakan produksi tempe di Pekuncen dan pengusaha pengolah daur ulang bungkus plastik di Petamanan. Kamis, (27/8/21).

Peninjauan kawasan UMKM Pengusaha tempe maupun daur ulang plastik di pimpin langsung oleh Wali Kota Pasuruan, Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)

Dalam kesempatan ini Gus Ipul menyampaikan tempe merupakan makanan yang bergizi  istimewanya bahkan banyak orang luar negeri yang menyukai tempe kita tinggal mengolahnya lagi agar yang muda bisa menjadi pengrajin tempe bahkan tempe bisa dikembangkan menjadi franchise dengan makanan yang berbahan baku tempe.

“Tempe tidak hanya dijadikan sebagai makanan yang hanya dipamerkan tetapi tempe harus bisa di promosikan baik lewat Medsos maupun Madinah Mart untuk menaikkan omset penjualan “,ujar Gus Ipul.

Gus Ipul menyampaikan kita punya banyak UMKM tapi belum tersentuh bantuan dari pemerintah hal ini karena pengusaha UMKM belum mendapatkan informasi dan rata rata tidak mau ribet dalam mengurus administrasi pengajuan bantuan usaha.

“Kita bikin festival tempe untuk membangkitkan kampung tempe dengan olahan tempe yang menjadi kuliner yang enak seperti tempe penyet, kripik tempe, nuget tempe, dan pecel tempe dengan festival yang menjaga protokol kesehatan”, ujarnya

“alhamdulillah orang seperti saya diperhatikan walikota” ujar salah satu warga pekuncen Supi Mafuah.

Kemudian dilanjut ke pengolahan daur ulang petamanan.

Kesan warga Petamanan “saya sangat bangga karena dikunjungi Wali Kota dan bisa memamerkan produk unggulan kami di luar, produk kami diantaranya tikar, tas, tempat tisu dan kami juga punya produk minuman jahe yang namanya JARUKEN campuran jahe, jeruk dan kencur”, ujar Ani.

Peninjauan UMKM ini dipimpin Wali Kota Pasuruan Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) di dampingi Wakil Wali Kota Pasuruan (Mas Adi), Camat Panggungrejo, Lurah Pekuncen,Lurah Petamanan, Kadis Perindag, dan Kadis Koperasi. (rmd)