Masih dalam rangkaian memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2018, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Pasuruan pada hari Jum’at tanggal 11 Mei 2018 menyelenggarakan jalan sehat yang diikuti oleh ribuan peserta terdiri dari siswa-siswi sekolah, karyawan/karyawati Pemerintah Kota Pasuruan, kepala sekolah/guru serta masyarakat umum. Turut hadir dalam kegiatan jalan sehat tersebut yaitu jajaran Forkopimda, Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan, Kepala Sekolah/Guru  Se-Kota Pasuruan serta undangan lain.

Sambutan dan arahan Walikota Pasuruan Bapak Drs. H. Setiyono, M.Si sekaligus memberangkatkan secara resmi peserta gerak jalan mengatakan atas nama Pemerintah Kota Pasuruan mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat Kota Pasuruan yang selama ini turut menjaga ketertiban dan keamanan sehingga Kota Pasuruan aman, tertib dan kondusif. Selain itu juga mendukung pendidikan yang ada di Kota Pasuruan. Selama ini ada regulasi/aturan terkait SMA yang ada di provinsi Jawa Timur termasuk di Kota Pasuruan, karena kewenangan SMA sekarang diambil oleh Provinsi Jawa Timur. Karena selama ini Kota Pasuruan telah mencanangkan 12 tahun pendidikan gratis, oleh karena itu untuk SMA Kota Pasuruan tidak bisa berbuat apa-apa. Mohon maaf kepada seluruh orang tua yang anaknya sekolah SMA dikenakan biaya. Diharapkan kalau tidak ada sinkronisasi  antara Provinsi Jawa Timur dengan Kota Pasuruan maka Pemerintah Kota Pasuruan akan mengambil alih kebijakan terkait regulasi/aturan SMA. Jaga ketertiban karena jalan sehat ini rutenya sangat pendek, tidak menganggu aktfitas masyarakat selama gerak jalan berlangsung.

Adapun rute yang dilalui Start/Finish di halaman gedung Gradhika Bhakti Praja – ke utara ke jalan Panglima Sudirman – jalan Gajahmada – jalan Airlangga –  jalan Panglima Sudirman – finish.

Adapun hadiah-hadiah yang disediakan oleh panitia jalan sehat yaitu sepeda gunung, TV LED, kulkas, kipas angin dan banyak lagi hadiah doorprize.