AktualPublikasi

Mas Adi Serahkan Penghargaan Inovasi Reka Karsa Cipta

Pasuruan Kota Madinah. Kompetisi inovasi Reka Karsa Cipta yang diselenggarakan oleh BAPPELITBANGDA Kota Pasuruan tahun 2023 telah memasuki tahap penetapan pemenang. Penyerahan penghargaan dilaksanakan langsung Wakil Walikota Pasuruan, Adi Wibowo (Mas Adi) bersama Sekda Kota Pasuruan, Rudianto di Gedung Gradika, Jumat (08/12/2023).

Dalam sambutannya, Mas Adi menyampaikan Pemerintah Kota mengapresiasi kompetisi ini dengan harapan dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat.

“Kompetisi ini jangkauannya lebih luas, tidak hanya antar perangkat daerah namun juga dengan masyarakat umum. Semoga nantinya, dengan adanya inovasi ini bisa bermanfaat bagi masyarakat umum,” kata Mas Adi

Dikatakanya, inovasi merupakan sesuatu yang penting untuk dimiliki oleh setiap individu. Dimana saat ini telah memasuki zaman perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat.

“Perkembangan teknologi dan informasi telah mengubah cara berfikir kita terhadap inovasi yaitu layanan dari pemerintah yang memberikan kemanfaatan bagi masyarakat,” ujarnya

Mas Adi berharap, Pemerintah Kota akan terus mengupayakan memberikan ruang untuk seluruh elemen terus berinovasi di Kota Pasuruan, sehingga indeks inovasi Kota Pasuruan bisa terus meningkat.

“Di tahun 2021 indeks inovasi kita di kategorikan belum inovatif, ditahun 2022 mendapatkan kategori inovatif. Semoga di tahun ini juga akan lebih baik lagi,” harap Mas Adi

Mas Adi menyampaikan, inovasi ini tidak hanya berhenti pada layanan publik. Namun bisa menciptakan inovasi lainnya seperti inovasj yang bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi, inovasi teknologi informasi ataupun inovasi lainnya yang memiliki dampak pemanfaatan yang besar.

“Saya harap inovasi ini nantinya akan berkembang, bisa menciptakan inovasi lainnya selain layanan publik,” kata Mas Adi

Selanjutnya Ia menilai bahwa inovator yang belum mendapat penghargaan bukan berarti inovasinya jelek. Namun ada sisi positif yang bisa dipetik dari kompetisi ini, yaotu semua perangkat daerah berlomba-lomba melakukan perbaikan pelayanan.

“Kita dapat melihat bahwa inovasi saat ini menjadi nafas bagi kita, karena kita ingin melakukan pelayanan terbaik, cepat, mudah, dan langsung terasa manfaatnya,” urainya

Adapun penghargaan yang diberkan kepada perangkat daerah ataupun masyarakat, yaitu:

Kategori Perangkat Daerah tiga terbaik:

  1. TITIK NOL Dispendukcapil
  2. Peace Love UPT Puskesmas Bugul Kidul
  3. PELANGI Dinas Kesehatan

Juara Favorit: SPONTAN dari RSUD. Dr. Soedarsono

Kategori masyarakat umum tiga terbaik:

  1. Obat nyamuk elektrik oleh Aris tehnik
  2. Mengolah Limbah Kayu Jati menjadi mainan anak-anak dari Artdias
  3. Alarm banjir information dari Karangtaruna Kecamatan Purworejo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *