AktualPublikasi

Sosialisasi Qris, Mas Adi Berharap Para Pedagang Bisa Menjawab Tantangan Zaman

Pasuruan Kota Madinah. Siap-siap warga Kota Pasuruan mulai bisa menggunakan Quick Response Code Indonesia Standar (Qris) dalam melakukan pembayaran di Pasar Kebonagung dan Pasar Besar.

Hal itu sebagaimana Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) membuka acara sosialisasi pembayaran Qris oleh Bank Indonesia (BI) kepada para pedagang di Pasar Kebonagung dan Pasar Besar, Kamis (16/12/21) di Valencia Bakery Cafe & Resto Jl. Hayam Wuruk No.11, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.

Menurutnya, sosialisasi tersebut sangat penting untuk memberi pemahaman kepada pedagang, sehingga revolusi sistem pembayaran bisa segera terlaksana, “Tentu akan terlihat repot, tapi karena ini tantangan perkembangan zaman. Mau tidak mau kita harus mengikutinya,” paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BI Malang Azka Subhan Aminurridho secara virtual mengatakan Bank Indonesia terus memperluas adopsi Qris pada sistem pembayaran pelaku usaha mikro kecil menengah UMKM.

“Pengembangan fitur membutuhkan ekosistem pengguna dan merchant sehingga nanti semua merchant disentralisasi serta memiliki nomor ID merchant secara nasional,” paparnya.

Disahkan pada 16 Agustus 2019 lalu, Qris merupaka  standar kode QR yang dikembangkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia guna mengintegrasikan seluruh metode pembayaran nontunai di Indonesia.

Turut hadir secara virtual pada kesempatan yang dihadiri sekitar 118 pedangan itu Anggota Komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun. (lio)