AktualPublikasi

Kekompakan Pemerintah dan Masyarakat Adalah Kunci Pencegahan Omicron

Upaya pemerintah dalam menghadapi munculnya kasus Covid-19 varian Omicron di Tanah Air terus dilakukan dalam bentuk sistem kesehatan.

Kendati demikian, pencegahan Omicron tidak bisa serta-merta hanya dilakukan oleh pemerintah, melainkan kekompakan dan peran serta dari masyarakat juga sangat diperlukan.

Demikian yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan saat memimpin rapat koordinasi kesiapan menghadapi Omicron secara virtual, Selasa (11/01/2022) Malam.

Tak sampai di situ, Luhut juga menyebut pemerintah terus berupaya dalam mengambil langkah sedini mungkin guna mencegah penularan Covid-19, “Jadi sedini mungkin daerah-daerah mempersiapkan fasilitas rumah sakit dan isolasi terpusat,” ungkapnya.

Selain itu cakupan vaksinasi harus tetap diiringi dengan disiplin prokes, program 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan pelaksanaan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas) juga akan terus menjadi program prioritas pemerintah untuk mencegah kasus meledak kembali.

Di penghujung rakor tersebut, luhut berpesan untuk masyarakat agar tidak panik dalam menghadapi Covid-19 varian baru itu, “Kita hanya butuh kerjasama, kekompakan mengantisipasi,” tandasnya.

Selesai pada 20.00 WIB, rakor diikuti secara virtual oleh Wakil Wali Kota Pasuruan, Adi Wibowo didampingi Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Kesehatan, Kapolres Pasuruan Kota, serta Forkopimda lainnya di gedung MCC. (lio)